Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi agar Internetan Semakin Lancar

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi agar Internetan Semakin Lancar - Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup di era digital seperti ini ditambah dengan canggihnya pengaruh internet yang merambah ke segala aktivitas kehidupan terutama semakin canggihnya teknologi smartphone atau gadget. Semua vendor berlomba membuat smartphone yang canggih misalnya dari iphone 6, iphone 7, Macbook dari Apple, samsung galaxy s8 dan samsung galaxy S9 dari samsung serta serta vendor lainnya seperti Xiaomi, Lenovo dsb. Hal ini sangat berpengaruh pada kebutuhan akan koneksi jaringan internet bahkan bisa membuat banyak orang merasa kesusahan tanpa kehadirannya.

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi agar Internetan Semakin Lancar
Sinyal Wifi 

Teknologi Digital yang semakin meningkat di tanah air ini ternyata tidak diimbangi oleh kemampuan jaringan seluler yang memadai. Meskipun para provider sudah meningkatkan kemampuann jaringannya menjadi 4G namun ternyata koneksinya masih belum memuaskan. selain jaringan yang sering naik turun juga terkadang penyebarannya pun tidak merata sehingga seringkali ketika kita pergi ke daerah tertentu smartphone kita tidak bisa menangkap jaringan yang ada smartphone menjadi panas karena berusaha untuk mencari jaringan internet.

Baca juga : 


Solusi terbaik untuk mengatasi masalah jaringan operator yang naik turun atau bahkan melemah, kita bisa mengambil solusi yaitu dengan cara menggunakan jaringan wifi. Jaringan wifi ini bisa kita membangunnya sendiri atau juga bisa berlangganan dari penyedia jaringan wifi. Namun walaupun sudah menggunakan wifi ternyata terkadang kita menemukan gejala yang sama dengan kelemahan jaringan operator yaitu masalah sinyal. Sinyal yang lemah membuat kita kesal dan akan membuat aktivitas internetan jadi terganggu. Berdasarkan sebuah survey, kecepatan internet di Indonesia yang menduduki peringkat 122 di dunia. Hal ini seharusnya menjadi alasan tersendiri bagi semua orang untuk mencari alternatif agar bisa internetan dengan nyaman tanpa gangguan sinyal Wi-Fi yang sering lemah atau bahkan hilang.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal W-Fi. Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk memperkuat penerimaan sinyal dari jaringan Wi-Fi. Cara-cara ini bisa diaplikasikan pada smartphone Android, laptop dan barang elektronik yang lainnya.

Apa sajakah cara-cara untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi agar internetan semakin lancar? Simak penjelasannya berikut ini.






Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi agar Internetan Semakin Lancar


1. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal


Penggunaan daya yang tidak optimal merupakan salah satu dari beberapa hal yang dapat membuat sinyal Wi-Fi kurang baik. Cara untuk mengatasi permasalahan ini cukup sederhana, yaitu dengan memakai aplikasi penguat sinyal di android seperti misalnya Wifi Signal Booster atau Network Speed Booster.

2. Mengatur Penggunaan Bandwidth


Apa itu Bandwidth? Singkatnya adalah nilai dari pengunaan transfer data yang dihitung dalam satuan bit/detik atau biasanya disebut dengan bit per second (bps). Maka tidak heran, jika Anda menggunakaan Wi-Fi tidak sendiri, pasti akan lambat saat browsing. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda dapat mengatur penggunaan dari bandwidth agar tidak terjadi kebocoran bandwidth yang dapat menyebabkan koneksi menjadi lemot.

3. Perbaiki Sistem Keamanan


Hal seperti ini rasanya sudah sangat sering terjadi. Jika Anda telah menggunakan paket internet yang cepat, namun masih saja lambat saat diakses, kemungkinan paling besar yaitu ada orang lain yang menggunakan koneksi Wi-Fi Anda. Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan password yang rumit serta gunakan enkripsi WPA2.

4. Pakai Channel yang Kosong


Banyaknya channel sama yang digunakan di satu daerah dapat menyebabkan kualitas sinyal menurun. Terlebih jika di wilayah Anda saat ini terdapat banyak orang yang menggunakan router Wi-Fi, maka kemungkinan besar Anda menggunakan channel yang sama dengan orang lain, karena hal itu sinyal Wi-Fi jadi melemah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan channel Wi-Fi yang kosong atau yang jumlah penggunanya sedikit agar tidak terjadi gangguan pada sinyal. Anda juga dapat menggunakan aplikasi inSSIDer untuk melakukan cara ini.

5. Pilih Posisi yang Tepat


Meskipun sinyal Wi-Fi itu tidak dapat dilihat oleh mata manusia, namun pada kenyataannya sinyal tersebut dapat terhalang jika ada banyak dinding di sekitar routernya. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mencari posisi yang bebas dari penghalang Agar Anda dapat melakukan internetan dengan nyaman tanpa gangguan.

6. Jauhi dari Pengaruh Perangkat Elektronik yang Lain


Selain daripada router yang dapat mengganggu kualitas sinyal menjadi melemah, beberapa perangkat elektronik lain juga dapat menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini Anda hanya perlu menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Anda juga dapat menggunakan router dual band untuk memindahkan frekuensinya dengan mudah.

7. Pakai Teknologi Wi-Fi yang Terbaru


Kini ada empat jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G dan juga N. Teknologi wireless A, B dan G merupakan teknologi lama yang memiliki kecepatan yang lambat. Sedangkan teknlogi wireless N adalah teknologi terbaru dan juga tercepat dalam hal kecepatan. Maka dari itu, selalu untuk menggunakan versi N untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal.

8. Gunakan DD – WRT Firmware


Cara untuk memperkuat sinyal Wi-Fi selanjutnya yang cukup efektif adalah dengan menggunakan aplikasi bernama DD – WRT Firmware. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk menghack router agar kekuatan pemancar sinyalnya jadi lebih tinggi lagi.

Seperti yang dilansir dari Lifehacker,com, meskipun cukup berbahaya bagi router namun setidaknya Anda dapat menaikkan sinyalnya hingga 70 Mw. Dengan begitu, jangkauan dari sinyal router Anda dapat bertambah hingga lebih dari dua kali lipat. Selain menaikkan sinyal, aplikasi DD – WRT Firmware ini juga menyediakan berbagai macam opsi keamanan bagi router Anda.

9. Gunakan Wi-Fi Repeater


Repeater merupakan alat penerima sinyal Wi-Fi yang memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat seperti ini sangat cocok sekali bagi Anda yang penerimaan sinyal Wi-Finya buruk.





Diantara hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih alat penguat sinyal ini yaitu:

  • Sesuaikan dengan standar Wi-Fi dengan kecepatan komunikasi
  • Sesuaikan frekuensi penguat sinyal Wi-Fi dengan router induk Anda
  • Perhatikan lokasi instalasi router Wi-Fi Anda
  • Periksa port LAN pada router
  • Periksa pengaturan router
  • Sesuaikan penguat sinyal dengan router induk

Ada beberapa macam penguat sinyal yang direkomendasikan yaitu KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeter 300 Mbps WL0189, Wavlink AC1200 Router Nirkabel Wi-Fi, Universal 300 Mbps Penguat Sinyal Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi, WR01 Mini Portable, TP-Link TL-WA850RE 300Mbps Universal Wireless N Range Extender dan lain sebagainya. Namun sebelumnya Anda perlu memerhatikan hal diatas sebelum membeli.

10. Gunakan Kaleng Bekas


Cara ini mungkin sedikit nyentrik. Seperti yang kita tahu bahwa sinyal pada Wi-Fi memakai udara sebagai benda penghantarnya, maka dari itu agar sinyalnya tidak menyebar kemana-mana, Anda bisa memanfaatkan kaleng bekas untuk menentukkan tujuan sinyal tersebut. Anda juga bisa menggunakan panci atau alumunium foil.

11. Lakukan Reboot atau Restart Secara Berkala


Router akan sering mengalami masalah saat dipakai pada waktu yang lama. Hal ini tidak jauh beda dengan smartphone dan PC. Untuk mengantisipasi hal seperti ini Anda dapat melakukan reboot atau restart router secara rutin berkala agar kondisi router tersebut menjadi segar dan siap digunakan kembali.

Demikilanlah beberapa cara diatas untuk membantu Anda dalam meningkatkan sinyal Wi-Fi. Anda bisa melakukan cara diatas agar internetan Anda bisa berjalan lancar dan nyaman. Lakukan sesuai prosedur agar mendapatkan hasil yang sesuai. Semoga artikel ini bermanfaat.


0 Response to "Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi agar Internetan Semakin Lancar"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel