Monday, April 09, 2018

Cara Mudah Melacak Laptop yang Dicuri Menggunakan Aplikasi

Cara Mudah  Melacak Laptop yang Dicuri Menggunakan Aplikasi - Bagi sebagian orang, laptop menjadi barang yang sangat berharga. Seperti karena didalamnya terdapat data-data yang sangat penting. Apalagi jika data-data tersebut berhubungan dengan data pekerjaan, laptop menjadi barang yang harus selalu dijaga keamanannya. Selain itu, harganya yang tidak murah juga menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan, bahwa menjaga barang-barang berharga yang kita miliki adalah sangat penting. Apalagi hidup di zaman yang seperti ini, di mana banyak orang nekat melakukan berbagai kejahatan untuk memuaskan nafsunya.

Melacak Laptop yang Dicuri Menggunakan Aplikasi
Melacak Laptop yang Dicuri Menggunakan Aplikasi

Namun bagaimana jika kenyataannya laptop kita dicuri orang? Bisa saja kita membelinya lagi, tapi data-data penting tidak akan pernah kembali. Lalu bagaimana cara  menemukan kembali laptop yang telah dicuri? Berikut adalah 5 aplikasi super keren yang dapat melacak laptop yang telah dicuri.

1. Find My Mac


Find My Mac adalah sebuah aplikasi pelacak laptop yang hanya bisa digunakan khusus bagi pengguna MacBook. Caranya dengan menggunakaan iCloud. Bukan hanya dapat melacak lokasi MacBook kita berada, tapi juga kita dapat menguncinya.

2. Prey

Cara Mudah  Melacak Laptop yang Dicuri Menggunakan Aplikasi

Jika Find My Mac hanya bisa digunakan bagi pengguna MacBook, lain dengan Prey yang bisa digunakan oleh pengguna Windows, Mac OS, Linux dan beberapa sistem operasi komputer lainnya. Cukup dengan menginstal Prey pada laptop yang lain, dengan begitu kita bisa langsung mulai melacak letak laptop yang telah dicuri dari website Prey.

Prey ini memiliki beberapa fitur yang sangat menarik diantarnya adalah sebagai berikut.
  • The Prey Report - Setelah perangkat ditetapkan hilang, Prey akan diam-diam mulai mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi lokasi, dan pemegang perangkat Anda yang hilang
  • Front And Back Camera - Ketika perangkat Anda dicuri Prey akan mengumpulkan dan memberikan bukti  kepada sang pemilik asli, termasuk foto siapa yang menggunakan perangkat Anda yang dicuri, yang merupakan data yang sangat penting yang dapat dijadikan bukti untuk polisi
  • Geolocation - Lacak ponsel, laptop, dan tablet Anda di mana pun  lokasinya.
  • Lock Your Device - Prey memungkinkan pemilik dapat untuk mengunci perangkat dari jarak jauh untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat mengakses barang pribadi pemilik.
  • Wipe Your Data - Dengan prey Anda bisa melakukan wipe data atau menghapus keseluruhan data penting yang berada pada perangkat yang sudah dicuri sehingga privasi tetap aman.
  • Data Recovery - Anda bisa mengambil informasi sensitif Anda dengan mendapatkan email berupa tautan unduhan data yang Anda butuhkan. Namun dengan syarat perangkat harus dalam keadaan terbuhung ke Internet
  • Super Load Alarm -  Selain untuk mengamankan perangkat dari pencuri, aplikasi prey juga sangat bermanfaat untuk seseorang yang pelupa ketika menyimpan perangkatnya. dengan fitur ini perangkat yang anda cari akan mengeluarkan suara yang cukup nyaring sehingga Anda menjadi mudah untuk menemukannya
  • Dan banyak lagi


3. LockItTight



LockItTight atau disingkat dengan LiT termasuk aplikasi untuk melacak laptop yang cukup handal. Aplikasi LockItTight ini menyediakan layanan pelacakan dan pemantauan komputer atau laptop Anda. Bukan hanya melacak lokasi laptop saja, namun LockItTight juga dapat merekam aktivitas pada laptop menggunakan webcam termasuk laptop yang telah dicuri. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda terlebih dahulu harus melakukan registrasi di web resminya  dan kemudian mendownload apliasinya untuk diinstal pada laptop Anda.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi LockItTight  ini adalah sebagai berikut:
  • Location tracking
  • Screen Capture
  • Camera Shots
  • Key Logger
  • Clipboard Logger
  • Browsing histori
  • Site Blocking
  • Call Logger (untuk smartphone)
  • Text Logger (untuk smartphone)
  • App tracking , dll

Walaupun aplikasi ini cukup tangguh Anda tidak  perlu mengeluarkan uang untuk memiliknya karena sudah disediakan versi gratisnya meskipun layanan yang didapat tidak sebanyak versi premium. Jika Anda ingin mencobanya silahkan kunjungi website resminya, www.lockittight.com

4. Lojack for Laptop


Cara Mudah  Melacak Laptop yang Dicuri Menggunakan Aplikasi
Lojack for laptop

Sistem Lojack akan menjaga semua data-data penting dalam laptop yang telah dicuri dengan aman, jadi si pencuri tersebut tidak bisa menghapus semua data-data penting kita. Hal ini karena sistem Lojack akan terkunci di BIOS ketika terinstal. Lojack juga memiliki tim penyidik khusus untuk mencari dan mengembalikan kembali laptop yang telah dicuri. Apalabia laptop yang telah dicuri tidak kembali salam 60 hari sejak kejadian, maka pihak Lojack akan membayar ganti rugi sebesar Rp. 13 juta dengan syarat membayar biaya langganan Lojack for Laptop sekitar Rp. 198 ribu per bulannya.

5. Undercover


Cara Mudah  Melacak Laptop yang Dicuri Menggunakan Aplikasi
Undercover

Undercover adalah salah satu aplikasi pelacak laptop yang populer bagi pengguna Mac. Sama seperti LockItTight, Undercover juga dapat merekam seti ap aktivitas yang dilakukan oleh si pencuri. Meskipun berbayar, aplikasi ini banyak digemari oleh banyak orang.

Itulah diantara cara melacak laptop yang telah dicuri menggunakan aplikasi. Di era digital seperti ini, kita akan menemukan berbagai kemudahan untuk memecahkan permasalahan. Meskipun begitu, kita harus tetap berhati-hati dengan menjaga barang-barang berharga yang kita miliki. Untuk berjaga-jaga, kita juga bisa menginstal salah-satu dari aplikasi pelacak di atas pada laptop kita sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon