Tuesday, April 10, 2018

Cara Mudah Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mudah Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi - Touchpad adalah salah satu bagian dari laptop yang sangat penting. Touchpad dalam laptop digunakan sebagai penunjuk yang dapat menerjemahkan gerakan jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad memiliki tombol klik kiri dan tombol klik kanan sama seperti pada mouse.  Meski dapat digantikan dengan mouse, namun banyak pengguna lebih memilih menggunakan touchpad pada laptop karena mudah dan lebih praktis, meskipun tidak menutup kemungkinan sebagian orang lebih memilih menggunakan mouse, hal ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhuan pada setiap orang.

Cara Mudah Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi
Touchpad laptop

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan touchpad pada laptop merupakan hal yang sangat berguna. Seperti ketika kita lupa membawa mouse pada saat pergi bekerja, tanpa mouse tentu kita tidak akan menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan bantuan laptop untuk mengerjakannya. Dengan adanya touchpad, setidaknya kita bisa bernapas lega, karena secara keseluruhan kegunaan sama dengan mouse.

Seperti perangkat elektronik lainnya, touchpad pun bisa mengalami error. Diantaranya seperti touchpad yang tidak berfungsi. Ini akan menjadi masalah yang sangat besar jika kita tidak memiliki mouse sebelumnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi? Simak penjelasannya berikut ini.


Cara Mudah Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi


1. Aktifkan touchpad laptop

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengetahui touchpad laptop tidak berfungsi adalah dengan mencoba mengaktifkan touchpad laptop terlebih dahulu. Bisa jadi touchpad laptop tidak berfungsi itu bukan karena rusak, melainkan karena secara tidak sengaja kita menonaktifkan touchpad.

Cara Mudah Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi


Pada laptop terdapat sebuah tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi dari touchpad. Biasanya tiap merek laptop itu memiliki tombol yang berbeda. Tombol ini biasanya terletak dibagian atas keyboard. Coba perhatikan pada bagian tombol F1 sama dengan F12, temukan sebuah tombol yang terdapat icon touchpad bisa dipastikan bahwa itu adalah tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad. Cara untuk mengaktifkannya adalah dengan mengkombinasikan tombol Fn + Tombol touchpad. Atau jika pada Acer 4755G untuk mengaktifkan touchpad cukup dengan mengkombinasikan tombol Fn + F7.

2. Instal driver touchpad


Pada sistem operasi Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, beberapa driver akan terinstal dan terupdate secara otomatis. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa driver tidak terinstal. Maka alternatifnya adalah dengan cara menginstal driver secara manual. Jika tidak segera menginstal dan cenderung membiarkannya, maka hardware yang drivernya tidak terinstal tidak akan bekerja dengan semestinya karena sistem operasi tidak akan mengenalinya.

Seperti pada sistem operasi Windows 7 yang perlu dilakukan penginstalan driver secara manual menggunakan DVD Driver yang terdapat pada laptop atau bisa juga dengan mendownload driver pada situs resmi merek laptop tertentu. Hal ini juga yang bisa menyebabkan touchpad tidak berfungsi, maka cobalah untuk menginstal driver touchpad terlebih dahulu.

3. Cek kabel konektor pada touchpad


Pada cara ini, kiranya kita harus meminta bantuan pada ahlinya, karena hal ini memerlukan pembongkaran laptop terlebih dahulu. Namun jika kita sudah memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup tentang hal ini maka melakukannya sendiri akan lebih mudah.
Setelah melakukan pembongkaran laptop, selanjutnya adalah lakukan pengecekan terhadap konektor touchpad. Konektor yang longgar dan bahkan mungkin putus bisa menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengecek terlebih dahulu.

4. Scanning laptop


Virus yang menyerang laptop juga bisa menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Maka dari itu perlu dilakukan scanning pada laptop secara keseluruhan menggunakan antivirus yang bagus. Misalnya seperti kaspersky, avira, avast dan lain sebagainya.

5. Instal ulang laptop


Jika dengan scanning keseluruhan tidak berhasil, maka solusi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal ulang sistem operasi laptop. Dengan menginstal ulang, maka sistem operasi laptop akan kembali menjadi baru dan fresh lagi.

6. Bawa ke service center atau tukang service laptop


Jika kelima cara di atas tidak memecahkan masalah, langkah terakhir adalah dengan membawa laptop ke service center atau teknisi laptop yang sudah ahli. Jika laptop masih dalam masa garansi lebih baik bawa ke cervice center seseuai merek laptopnya. Namun jika masa garansi sudah habis, saran saya mending bawa saja laptop Anda ke teknisi laptop yang sudah profesional. Saya menyarankan membawanya ke teknisi laptop atau tukang service laptop karena harga perbaikan lebih murah meskipun yang rusak adalah bagian mainboardnya sekalipun, Berbeda dengan service center yang selalu menawarkan untuk mengganti mainboard baru dan tentunya dengan harga yang cukup mahal bahkan hampir sama dengan harga laptop baru.

walaupun saya menyarankan untuk memilih memperbaiki laptop ke tukang service laptop, namun Anda harus bisa memilih tukang service yang memang benar-benar sudah ahli. Untuk mengetahuinya Anda bisa mencari referensi dari orang yang pernah service, cari juga chanel atau fanspage dari tukang service tersebut. Selain itu Anda bisa menanyakannya di group teknisi laptop di daerah Anda.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan terimakasih sudah berkunjung

Penulis: Megita Rubi

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon