Kelebihan fitur Telegram dibadingkan Whatsapp

Kelebihan fitur Telegram dibadingkan Whatsapp - WhatsApp merupakan aplikasi chat yang berhasil mengalahkan ketenaran aplikasi chat BBM. Alhasil hingga sekarang whatsapp ini masih menjadi yang  paling populer di kalangan masyarakat. Hal ini sangat wajar sekali mengingat WhatsApp adalah aplikasi chat pertama yang dikenal secara luas. Selain itu, aplikasi ini juga selalu diperbaharui dan memiliki fitur-fitur baru yang selalu ditawarkan.

Fitur-fitur Keren yang Dimiliki Telegram
Whatsapp vs telegram

Namun, benarkah tidak ada aplikasi lain yang lebih baik dari WhatsApp? Seperti yang lainnya, setiap aplikasi pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, tak terkecuali pada aplikasi chat WhatsApp. Dan jawaban yang sebenarnya adalah ada. Aplikasi yang lebih baik dari WhatsApp itu ada, dan secara spesifik aplikasi itu tiada lain adalah Telegram.

Sebuah aplikasi chat yang diprakarsai oleh dua bersaudara, Nikolai dan Pavel Durov ini memiliki prestasi yang menakjubkan. Pasalnya, pada bulan Oktober 2013 atau pada tahun pertamanya, aplikasi Telegram ini sudah mengantongi 100.000 pengguna aktif harian. Bahkan angka ini melonjak tajam menjadi 15 juta pengguna pada bulan Maret 2014 atau dengan artian kurang dari enam bulan kemudian pengguna Telegram semakin bertambah. Hal ini terjadi tentu bukan tanpa alasan. Dari segi interface, Telegram memang memiliki tampilan yang rapi dan bersih. Juga sederhana seperti WhatsApp. Secara garis besar Telegram mirip dengan WhatsApp. Namun tahukah Anda, bahwa ada beberapa fitur yang dimiliki Telegram namun tidak dimiliki WhatsApp? Apa sajakah fitur-fitur itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Fitur-fitur Keren yang Dimiliki Telegram Tapi Tidak Dimiliki WhatsApp


1. Fitur Edit Message


Semua orang pasti pernah mengalami salah ketik saat mengirim chat kepada temannya. Dalam keadaan tertentu, kesalahan ketik tentu tidak akan menjadi masalah jika teman chatmu itu tahu apa yang Anda maksud. Lain hal ketika salah ketik itu malah membuat salah paham. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda bisa mengubah salah ketik itu sebelum teman chatmu membacanya, bukan?

Adalah Telegram yang menyediakan fitur ini. Sehingga dengan begitu kita tidak perlu khawatir akan adanya salah paham. Cara menggunakan fitur ini yaitu tekan dan tahan pesan yang ingin Anda ubah, lalu akan muncul pilihan menu. Kemudian pilih Edit dan perbaikilah kesalahan ketik itu. Meski teman chatmu akan mendapatkan pemberitahuan soal perubahan itu namun dia tidak akan bisa melihat pesan yang sebelumnya Anda ubah.

2. Fitur Pesan Tersembunyi (Secret Chats)


Setiap orang memiliki rahasianya tersendiri terlebih pada sebuah pesan chat. Informasi pribadi atau sebuah hal yang rahasia dapat terkuak apabila seseorang membaca percakapanmu yang dulu. Namun Telegram mempunyai solusi untuk mengantisipasi hal ini terjadi. Yaitu dengan fitur pesan tersembunyi atau secret chats, percakapanmu di Telegram bisa disembunyikan sehingga tidak ada yang tahu selain Anda dan teman chatmu. Anda juga bisa memilih percakapan mana yang ingin disembunyikan. Percakapanmu tidak akan tersimpan dalam server Telegram dan akan hancur dengan sendirinya setelah beberapa saat.

3. Fitur Last Seen yang Lebih Baik


Pada WhatsApp Anda hanya bisa mengatur last seen untuk dilihat oleh setiap orang, kontakmu atau tidak seorang pun. Namun pada Telegram, fitur last seen ini dikembangkan sehingga Anda bisa memilah dan memilih lebih detail siapa yang bisa melihat last seenmu. Caranya dengan masuk ke menu ‘privacy’ dan mengaturnya melalui pilihan ‘Always Share With’ dan ‘Never Share With’.

4. Menampung Anggota Grup yang Lebih Banyak


Telegram memiliki kapasitas jumlah anggota yang bisa tergabung sebesar 100.000 anggota. Angka ini sangat jauh dibandingkan dengan WhatsApp yang memiliki kapasitas jumlah anggota yang bisa tergabung menjadi 256. Fitur ini disebut dengan ‘supergroup’ dan cara mengaturnya pun sangat mudah. Lalu bagaimana caranya? Masuk grup dan ketuk pada bagian Edit. Kemudian Anda pilih ‘Convert to Supergroup’

5. Dapat Mengirim File Berukuran Besar


Selain untuk saling mengirim pesan chat, aplikasi-aplikasi semisal Telegram dan WhatsApp ini juga digunakan untuk mengirim sebuah file. Seperti pada WhatsApp yang memiliki kapasitas mengirim file sebesar 16MB. Sebenarnya ukuran itu tergolong kecil seiring dengan kemajuan teknologi sekarang. Apalagi file yang dikirim sebagian besar memiliki size yang besar. Namun di Telegram, Anda bisa mengirim file hingga ukuran 1,5GB. Ukuran itu rasanya sudah cukup untuk mengirim berbagai file apapun dari smartphonemu tanpa mengkhawatirkan akan terpotong.

6. Dapat Melihat Video Youtube Sambil Tetap Chatting


Biasanya ketika seseorang mendapatkan kiriman video Youtube dari teman chatmu, pada saat membukanya  Anda harus berhenti chatting. Namun lain dengan Telegram, di aplikasi chat ini Anda bisa menonton videonya sambil tetap chatting. Cukup klik pada ikon ‘Picture-in-Picture’.

7. Gambar yang Tidak Langsung Diunduh ke Galeri


Ada satu hal yang paling menjengkelkan yaitu ketika galeri foto penuh dengan unduhan otomatis dari aplikasi chat. Apabila unduhan otomatis tidak Anda aktifkan, gambar yang Anda terima akan menjadi blur sehingga Anda tidak akan tahu gambar itu penting atau tidak. Lalu mau tidak mau, Anda tetap akan mengunduhnya karena khawatir jika hal itu adalah sesuatu yang penting.

Namun lain dengan Telegram, pada aplikasi chat ini Anda bisa mengaturnya  agar gambar yang dikirim lewat Telegram tidak langsung tersimpan dalam galeri. Caranya pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu mematikan pilihan ‘Saved to Gallery’. Meskipun tidak disimpan, semua gambar itu tetap bisa Anda terima dan lihat dengan jelas.

Itulah beberapa fitur-fitur keren yang dimiliki Telegram tapi tidak dimiliki WhatsApp. Secara garis besar kegunaan WhatsApp dan Telegram ini sama, namun setiap aplikasi chat pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Lebih spesifik pada Telegram, ternyata banyak sekali fitur-fitur yang menjadi kelebihannya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Ditulis oleh: Megita Rubi

1 Response to "Kelebihan fitur Telegram dibadingkan Whatsapp"

  1. Hellow. .do you provide online services??? I have Epson 1390 it's new and blinking...please help me my whatsapp number is +255714221171

    ReplyDelete

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel