Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Rusak atau Tidak Terbaca - Keberadaan flashdisk sangatlah berguna bagi banyak orang. Barang mini itu memudahkan semua orang untuk membawa data-data pentingnya. Bentuknya yang kecil itu sangat praktis untuk dibawa kemana pun. Sehingga banyak orang yang memanfaatkannya dengan mengisikan beberapa data-data penting ke dalamnya. Daripada membawa laptop yang cenderung berat, flashdisk menjadi alternatif paling banyak digunakan oleh beberapa orang. Pada saat ini pun, perkembangan flashdisk menjadi meningkat. Kini ada jenis Flashdisk Dual USB Drive yang memiliki dua konektor yaitu Micro USB untuk smartphone dan port USB untuk komputer atau laptop. Sehingga memudahkan untuk memindahkan data dari smartphone ke PC/Laptop atau sebaliknya.

Flash disk tidak terbaca

Namun bagaimana jika flashdisk tiba-tiba rusak dan error? Semua data-data penting tidak bisa dibaca, padahal mungkin saja pada saat itu Anda begitu membutuhkan data-data tersebut untuk keperluan skripsi, thesis, pekerjaan kantor, tugas sekolah dan untuk hal-hal penting lainnya. Seperti perangkat elektronik lainnya, flashdisk pun memiliki peluang yang sama untuk mengalami kerusakan. Bisa kerusakan secara fisik karena terjatuh dan patah atau kerusakan pada software yang terdapat di dalam flashdisk itu sendiri seperti karena virus atau lain sebagainya. Padahal keberadaan flashdisk tentu sangat penting untuk berbagai keperluan Anda. Lalu bagaimana jika hal itu benar terjadi? Flashdisk yang berisikan data-data penting itu rusak dan tidak terbaca?

Flash disk tidak terbaca

Memperbaiki Flashdisk yang Rusak atau Tidak Terbaca


Berikut ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak atau tidak terbaca. Ketiga cara ini mencakup dari cara yang sederhana sampai pada cara yang memerlukan software tambahan. Lakukan dengan mengikuti prosedur yang ada dan mintalah bantuan orang lain jika diperlukan.

Memperbaiki Flashdisk Cara Pertama


Cara pertama ini adalah cara yang paling sederhana dan mungkin yang paling mudah diantara kedua cara selanjutnya. Di cara ini Anda tidak memerlukan software tambahan dan cukup mengikuti langkah-langkah yang ada. Diantara langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.
  • Sambungkan flashdisk ke port USB yang ada di komputer atau laptop
  • Klik menu Start pada layar komputer atau laptop, kemudian pilih Run lalu tekan Enter
  • Setelah tampilan Run muncul, ketik  “compmgmt.msc”
  • Langkah selanjutnya adalah ketika muncul jendela program “compmgmt”, klik program tersebut
  • Kemudian pilih menu Storage yang berada di tengah, setelah itu pilih menu Disk Management
  • Jika langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan dengan benar, maka flashdisk Anda akan kembali terdeteksi seperti semula
  • Setelah itu klik kanan dan pilih menu Create Partition
  • Langkah terakhir adalah memformat flashdisk dengan cara klik kanan, lalu pilih menu Format
Penting: Jika Anda memilih menu Format, itu artinya secara otomatis seluruh data-data penting yang ada di dalam flashdisk tersebut akan hilang. Maka dari itu, sebaiknya pertimbangkan secara matang-matang saat ingin memformat flashdisk. Pastikan sebelumnya Anda telah memiliki back-up file. Sehingga dengan begitu Anda tidak akan kehilangan data meskipun flashdisk telah diformat.

Memperbaiki Flashdisk Cara Kedua


Jika pada cara pertama belum berhasil, sebaiknya Anda mencoba cara kedua ini. Sama seperti cara pertama, cara kedua ini cukup mengikuti langkah-langkah yang ada dan tanpa memerlukan software tambahan. Adapaun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak atau tidak terbaca pada cara kedua ini adalah sebagai berikut:
  • Sambungkan flashdisk ke port USB yang ada di komputer atau laptop
  • Setelah itu, klik Start pada layar laptop atau komputer Anda dan klik Control Panel yang berada di sebelah kanan
  • Kemudian ketika jendela Control Panel sudah muncul, klik opsi Add Hardware
  • Lalu pilih menu Next
  • Selanjutnya pilih “Yes, I have already connected the hardware”
  • Jika flashdisk Anda telah terdeteksi, maka akan muncul sebuah menu Autorun dan juga pernyataan bahwa USB flashdisk telah mendukung koneksi yang lebih cepat
  • Hal ini bersamaan dengan munculnya ikon “Removable Hardware” pada System Tray kemudian  akan muncul sebuah drive baru di Windows Explorer atau My Computer
Jika hal tersebut telah muncul, maka proses selanjutnya tidak perlu dilanjutkan lagi. Cukup dengan klik Cancel pada tampilan berikutnya saja

Memperbaiki Flashdisk Cara Ketiga


Cara memperbaiki flashdisk yang rusak atau tidak terbaca yang ketiga ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada flashdisk Anda. Cara ketiga ini ada adalah sebagai alternatif penyelesaian jika cara pertama dan kedua belum berhasil. Tidak seperti cara pertama dan kedua, pada cara ketiga ini Anda memerlukan sebuah software tambahan. Cara terakhir ini menggunakan tools HDD Low Level Format. Dengan menggunakan tools ini, peluang untuk memperbaiki flashdisk yang rusak akan sangat besar. Itu artinya siapkan paket data internet untuk mendownload software HDD Low Level Format terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan pada cara ketiga ini adalah sebagai berikut:
  • Sambungkan flashdisk ke port USB yang ada di komputer atau laptop
  • Selanjutnya download software HDDGURU Low Level Format
  • Kemudian jika sudah selesai didownload, install program HDD Low Level Format tersebut lalu “Run As Administrator” bagi pengguna Windows Vista, Windows 7 atau Windows 8
  • Pilih USB dan klik opsi Continue
  • Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara memformat seperti biasanya.
Jika dari ketiga cara di atas tidak berhasil memperbaiki flashdisk berarti kemungkinan ada kerusakan pada bagian firmware flashdisk atau pada bagian IC atau chip memory. Untuk memperbaiki kasus ini akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Demikianlah ketiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak atau tidak terbaca. Jika pada cara pertama tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan cara yang kedua dan ketiga. Meskipun begitu menjaga perangkat-perangkat elektronik agar tetap bagus adalah yang paling utama, pun dengan barang kecil yang sangat berguna seperti flashdisk. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar flashdisk tidak mudah rusak yaitu gunakanlah USB Flashdisk sesuai dengan prosedur dan tidak asal-asalan. Ikutilah safety remove setiap hendak melepas flashdisk dari laptop atau komputer. Dan simpanlah flashdisk di tempat yang aman. Jika menyimpannya di dalam tas, pastikan bahwa flashdisk tidak akan tertekan oleh barang-barang yang berat agar tidak patah. Untuk mencegah flashdisk agar tidak hilang atau lupa menyimpan, Anda bisa menggunakan gantungan tali yang dipasang di flashdisk. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sangat Penting: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak atau Tidak Terbaca yang sudah dijelaskan di atas adalah cara sederhana dan merupakan pertolongan. Untuk kerusakan flashdisk karena firmware corupt atau kerusakan yang diakibatkan oleh hardware tidak bisa diperbaiki dengan cara di atas. dan perlu diketahui  juga untuk semua barang elektronika biasanya ketika terjadi kerusakan kemungkinan akan menunjukan gejala yang sama namun jenis kerusakannya belum tentu sama.  Terima kasih .

Penulis: Megita Rubi

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Rusak atau Tidak Terbaca"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel