Monday, April 09, 2018

Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah

Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah -  Timbangan digital Mettler toledo bCom adalah timbangan digital yang mudah dioperasikan dan mempunyai kecepatan skala yang tinggi. Selain itu timbangan ini memiliki struktur dan desain yang kuat serta perawatan yang mudah dilakukan. Seperti halnya timbangan digital merk DIGI SM-500, timbangan ini juga memiliki fitur print label. Dengan adanya fitur tersebut hasil penimbangan barang selain ditampilkan pada display, juga bisa dicetak pada sebuah label.

Baca juga:



Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah

Dari ulasan diatas sebenarnya masih sangat banyak fitur dari timbangan mettler toledo Bcom ini termasuk fitur jaringan LAN dan lain sebagainya. Masalah fitur dari timbangan ini kita kesampingkan saja karena di sini yang akan kami bahas adalah mengenai kerusakan pada timbangan ini.






Secara umum hampir semua kerusakan yang sering terjadi pada timbangan digital adalah dikarenakan beberapa hal berikut ini.

  • Lonjakan listrik 

Yang dimaksud lonjakan listrik adalah listrik yang masuk melalui rangkaian mengalami kenaikan yang sangat besar sehingga merusak bagian rangkaian pada timbangan terutama bagian rangkaian power supply. Kerusakan yang terjadi biasanya mati total.

  • Petir

Kilatan petir bisanya menjadi penyebab utama kerusakan alat elektronika selain lonjakan listrik. Namun berdasarkan pengalaman biasanya kerusakan rangkaian elektronika akibat petir  baisanya lebih parah jika dibandingkan dengan kerusakan lonjakan listrik PLN.

Untuk timbangan digital bisanya kilatan petir akan langsung merusak rangkaian mainboard terutama jenis timbangan digital yang menggunakan jaringan LAN sebagai koneksi datanya.

  • Kurangnya perawatan 


Yang ketiga adalah kurangnya perawatan. Kurangnya perawatan juga menjadi penyebab utama sebuah timbangan digital mengalami kerusakan terutama mengalami error. Namun jika dibandingkan dengan kerusakan karena kilatan petir dan lonjakan listrik, kerusakan karena kurangnya perawatan bisa dikatakan lebih ringan, kerusakan karena kurangnya perawatan biasanya berupa hasil timbangan yang tidak akurat, hank, dll.

Dari ketiga kerusakan diatas, yang akan kita bahas adalah kerusakan yang salah satu penyebabknya adalah karena kurang perawatan. Kerusakan ini yaitu terjadinya error pada saat timbangan melakukan print label. Berikut ini adalah detail kerusakan atau gejala kerusakan yang muncul.

Pada saat print label, kertas label yang keluar tidak sepenuhnya keluar namun hanya setengahnya saja. Akibatnya label menjadi susah untuk dilepas. Setelah diperhatikan ternyata kertas label keluar dulu secara utuh namun setelah itu terlatik lagi ke dalam sehingga label yang keluarnya hanya setengah bagian dan setengah bagiannya lagi masih terjepit oleh bagian termal head dan assy roll


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah
Label hanya keluar setengah sehingga susah untuk dicabut

kalau dari tingkat kerusakan, kerusakan tersebut memang bisa dikatakan merupakan kerusakan atau error yang ringan atau spele. Namun jika tidak diperbaiki akan sedikit menggangu operasional bisnis Anda apalagi kalau timbangan digunakan untuk keperluan menimbang barang yang membutuhkan kecepatan. Selain itu jika tidak diperbaiki kemungkinan akan merusak komponan lain yang disebabkan karena sisa-sisa label yang sobek karena susahnya melepas label pasa saat print.

Perbaikan yang akan dijelaskan di sini adalah salah satu pengalaman kami saat memperbaiki timbangan ini, jadi jika timbangan Anda mengalami keruasakan yang sama, bisa saja kerusakan atau gejalanya sama namun komponen atau letak kerusakannya berbeda. Namun walaupun demikian, semoga saja tulisan pengalaman kami ini bisa menjadi referensi Anda pada saat memperbaiki timbangan digital Mettler Toledo Bcom Anda.

Baca juga:


Memperbaiki timbangan digital Mettler Toledo yang error label keluar hanya setengah


Untuk memperbaiki kerusakan seperti yang sudah dijelaskan diatas, silahkan simak beberapa langkah beriktu ini.

Langkah pertama pastikan timbangan yang akan diperbaiki dalam keadaan mati dan kabel power dalam keadaan dilepas.  Setelah itu perhatikan pada bagian tray tempat cassete ( tempat menyimpan label) kemudian tarik sampai mentok . Sampai tahap ini kami yakin tidak ada masalah karena hal ini merupakan kegiatan rutinitas pada saat akan melakukan penggantian label


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah

Karena gejala kerusakannya kertas label keluar dan setelah itu masuk lagi kedalam jadi bagian yang patut kita curigai adalah bagian sensor kertas. Karena dalam hal ini pada timbangan yang masih normal seharusnya pada saat print, label akan keluar secara utuh namun kemudian setelah label dicabut, maka kertas lapisan label ( kertas lapisan tempat lebel menempel ) akan tertarik lagi kedalam.

Dengan membandingkan antara gejala timabangan yang normal dengan yang mengalami error seperti yang sudah dijelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa sessor yang mendeteksi kertas mengalami masalah. Jadi pada kasus ini sensor tidak bisa mendeteksi keberadaan kertas label yang keluar pada saat timbangan melakukan proses print label.

Karena kita sudah punya target komponen yang sudah dicurigai maka kita langsung eksekusi dengan melakukan pemeriksaan pada komponen sensor kertas tersebut. Ada beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab senor kertas tidak bekerja:
  • Sensor kertas terhalangi oleh potongan label 
  • Sensor kertas terhalang oleh kotoran lainnya
  • Sensor kertsa lembab sehingga proses pembacaaan tidak maksimal
  • Sensos kertas rusak 
  • Bagian mainboard yang mengontrol sensor kertas bermasalah 




Dari kemungkinan di atas, pertama-tama adalah memeriksa bagian sensor dari kemungkinan adanya kertas label atau kotoran lain yang menempel dan menghalangi sensor. Karena sensor ini terletak di sebelah thermal head jadi untuk melihatnya maka posisi thermal head harus dalam keadaan terbuka. Dan untuk membukannya silahkan tekan penguncinya berupa tuas berwarna hikau seperti yang ditandai pada gambar di bawah ini.


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah
Pengunci thermal head 
Setelak posisi thermal head sudah dalam keadaan terbuka, langkah selanjutnya perhatikan salah satu komponen yang ditandai pada gambar dibawah ini. Komponen tersebut adalah sebuah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kertas yang keluar pada saat timbangan melakukan proses print


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah
Sensor kertas pada timbangan digital Mettler Toledo Bcom

Silahkan bersihkan sensor tersebut dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Jika perlu gunakan tambahan cairan thinner supaya kotoran yang ada pada sensor lepas. Pastikan sensor dalam keadaan bersih dan tidak ada benda asing yang menghalangi.
Pada kasus yang kami alami ternyata sensor dalam keadaan bersih dan terlihat tidak ada masalah. Namun setelah diperhatikan lagi ternyata ada salah satu kaki dari sensor kertas tersebut mengalami patah karena korosi. Terjadinya korosi seperti ini biasanya karena kurangnya perawatan sehingga komponen pada timbangan menjadi lembab dan mengalami korosi.


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah
Salah satu kali sensor patah

Salah satu jalan untuk memperbaikinya adalah dengan cara mengganti sensornya. Silahkan lepas sensornya dengan menggunakan obeng plus kecil, tang, atau sejensnya. Untuk sensor ini Anda bisa membelinya di toko komponen elektronika. Jika Anda takut salah membeli, lebih baik bawa saja komponen sensor yang rusaknya sebagai contoh.


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah

Untuk pengalaman kami di sini karena, karena kebetulan stok komponennya kosong jadi kami putuskan utnuk mencari kanibalan dari perangkat lain. Alhasil kami menemukannya pada sebuah printer dotmatrik merk wincore ND-77. Sensor tersebut terletak diatas jalur kertas validasi karena memang sensor tersebut berfingsi untuk mendeteksi kertas yang masuk pada proses validasi.


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah
Sensor kertas pada printer Wincore ND-77

Setelah dilepas ternyat aukurannya sama persis. Untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar dibawah  ini.

Catatan penting: Pada bagian sensor kertas ini biasanya sensornya terdapat satu pasang yaitu sebuh led yang berfungsi untuk mengirim sinyal dan pasangannya sebuah foto transistor yang berfungsi untuk menerima sinya. Karena ada 2 buah sensor jadi harap diperhatikan komponen mana yang akan diganti dan jangan sampai terbalik. 


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah
Sensor 

Setelah anda mendapatkan komponen pengganti, silahkan pasang pada dudukan sensor seperti semula. Untuk mencegah terjadinya konslet, maka gunakanlah kabel shrink atau kabel kerut pada tiap kaki sensornya (LED sensor)

Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah
Sensor kertas timbangan digital mettler toledo

Langklah terakhir adalah pemasangan sensor pada tempanya. Pasanglah sensor dengan hati-hati jangan sampai merusak komponen yang berada disekitarnya terurama komponen thermal head. Thermal head ini sangat rentang rusak jika terkena benturan atau benda tajam, selain rentan rusak komponen ini juga termasuk mahal susah untuk mendapatkannya.


Timbangan Digital Mettler Toledo Bcom Error Label Keluar Setengah

Setelah sensor dipasangkan dan dilakukan pengetesan pada timbangan mettler toledo yang kami perbaiki, ternyata hasilnay sangat memuaskan. Walaupun menggunakan komponen yang bekas namun tidak mengurangi fungsinya sebagai sensor kertas. Pada saat timbangan melakukan proses print, label head pun keluar secara utuh dengan kata lain sensor kertas bekerja dengan normal. Untuk buktinya bisa diperhatikan pada gambar di atas. terlihat bahwa label keluar seutuhnya sehingga mudah untuk dilepas.




Jika pada timbangan Anda sensornya masih error meskipun sudah dilakukan cara seperti di atas, berarti kerusakan ada pada bagian lain. Untuk langkah perbaikannya, silahkan periksa jalur dari sensor ke mainboard. Pastika tidak ada jalur atau kabel yang patah. Setelahitu periksa juga bagian mainbordnya. Jika mainboard dalam keadaan kotor atau lembab, silahkan bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan thinner atau bisa juga dengan cara dicuci menggunakan detergent. Namun jika Anda akan membersihkannya dengan cara dicuci menggunakan detergent, Anda harus melepas bagian mainbordnya  dari perangkat timabangannya.

Itulah sebuah ulasan mengenai pengalaman kami ketika memperbaiki timbangan digital Mettler Toledo Bcom yang mengalami error label keluar setengah. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat menjadi referensi Anda ketika memperbaiki timbangan digital khususnya timabngan dengan tipe mettler toledo Bcom. Terima kasih.



Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon