Thursday, May 10, 2018

Apa Perbedaan GPT Dan MBR Berikut Penjelasannya

Apa Perbedaan GPT Dan MBR Berikut Penjelasannya - Banyak sekali yang bertanaya tentang perbedaan antara GPT dan MBR, sebelum kita membahas tentang perbedaan tersebut, mari pelajari dahulu masing-masing penjelasan dari gpt dan mbr.

Apa Yang Dimaksud Dengan MBR?


Apa Perbedaan GBT Dan MBR Berikut Penjelasannya
Apa itu MBR?
MBR adalah singkatan Master Boot Record, dan merupakan tipe yang spesial dari boot sector ketika sebuah hardisk dalam perangkat komputer pertama kali kamu partisi. Dan mbr memegang kendali informasi penting mengenai logical partition, yang juga berisi file system, dan yang mengatur semua system tersebut.

Konsep mbr sudah ada sejak tahun 1983, dan dapat mendukung maksimum penyimpanan sebesar 2 TB. Dalam penyimpanan yang ada di perangkat komputer telah banyak yang menggunakan kapsitas lebih dari 2 TB, maka dari itu dalam beberapa proses tersebut, MBR ini sudah mulai diganti oleh GUID Partition Table (GPT), dan sudah dipergunakan diberbagai perangkat komputer keluaran baru. Untuk menyesuaikan dengan sistem yang lama, GPT dapat digunakan berdampingan dengan MBR.

Apa Yang Dimaksud Dengan GPT?


Apa Perbedaan GBT Dan MBR Berikut Penjelasannya
Apa itu GPT?

GPT merupakan bagian dari  sebuah sistem EFI, dimana sistem gpt dapat mendefinisikan standar layout tabel partisi pada sebuah hardisk, yang terdapat dalam perangkat komputer dan menggunakan Global Unique Identifier. Karena banyak keterbatasan yang dimiliki oleh sistem MBR, dan telah banyak perangkat komputer modern yang mulai beralih ke sistem GPT.

Batasan Untuk MBR Disk dan GPT Disk


GPT disk di luncurkan untuk menggantikan peran penting sebiuah sistem MBR, yang masih memang masih mempunyai kekurangan didalamnya. MBR hardisk mempunya batas maksimum yang sangat kecil untuk saat ini hanya 2,2TB. Kebutuhan penyimpanan data sangatlah besar dan akan terus meningkat, selain itu sudah banyak produsen hardisk yang menawarkan space lebih dari 2 TB.

Akan tetapi bila membeli hardisk dengan space lebih dari 2 TB, sangat disayangkan bila masih menggunakan sistem MBR. Selain mempunyai kapasitas, pembagian partisi pada MBR hanya memperbolehkan 4 tipe primary. Sedangkan untuk GPT disk sangat mendukung penyimpanan hingga 9,4 ZB dengan di dukung oleh partisi primary yang bisa mencapai 128 partisi, cukup besar bukan.

MBR sendiri dapat memberikan informasi mengenai sebuah partisi serta lokasi file sistem operasi yang ada, didalam sektor penyimpanan pertama dari sebuah disk tersebut. Untuk firmware ataupun sistem operasi lainya, sistem tersebut sangat bergantung pada sektor pertama disk, untuk bisa bekerja secara optimal. Akan tetapi dengan model yang seperti iitu, sektor pertama dengan sistem MBR disk ini corrupt, kemungkinan besar akses data semua bisa hilang.

Sementara GPT sudah mengembangkan sistem pengelolaan terbarunya, dengan semua informasi mengenai disk ditiru tidak hanya sekali saja bahkan bisa berulang kali. Maka dari itu sebuah disk akan bekerja dengan baik, meskipun sektor pertama disk tersebut rusak.

Apa Saja Perbedaan MBR Disk dan GPT Disk?


Dalam beberapa referensi diatas kita sudah dapat memahami beberapa perbedaan dari MBR dan GPT. Agar lebih jelas lagi kami ada beberapa list tambahan, untuk mengoptimalkan sebuah perangkat komputer dan membantu Anda mengetahui apa itu mbr dan gpt:

  1. MBR sendiri hanya mendukung 4 partisi primary, sedangkan GPT jauh lebih banyak, bisa sampai 128 partisi primary, perbedaan ini jelas lebih unggul GPT dari pada MBR.
  2. Didalam penyimpanan MBR mempunyai kapasitas yang sangat terbatas hanya 2 TB, sedangkan untuk sistem GPT bisa mencapai 9,4 ZB.
  3. MBR adalah sektor pertama yang dapat menyimpan semua data dan informasi tentang partisi serta sistem operasi, namun beda jauh dengan GPT, informasi data tersebut dapat dibackup lebih dari satu kali, sehingga akan meminimalisir bila sektor pertama mengalami kerusakan.
  4. MBR bisa digunakan oleh semua opera sistem, tapi hanya sistem operasi windows XP 64-bit dan windows yang kompatibel saja yang dapat menjalankan GPT.
  5. GPT dapat mendukung dan melakukan booting 32-bit yang di miliki sistem operasi windows 8. Sedangkan sistem operasi lain seperti Windows 7, Vista, tidak memiliki dukungan booting 32-bit dari GPT, beda dengan MBR sebuah kelebihan tersendiri.






Kesimpulan perbedaan GPT dan MBR


GPT sendiri mempunyai banyak keunggulan yang sudah kami terangkan diatas, dibandingkan dengan MBR, dari kesimpulan yang kami rangkum tentu bisa kita lihat bahwa GPT lebih unggul dibanding MBR, didalam sebuah perangkat komputer yang kita miliki.

Mungkin hanya ini yang bisa kita berikan tentang pengertian MBR, dan juga pengertian GPT, berikut dengan perbedaan yang ada didalamnya, ulasan ini semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua, dan dapat memberikan wawasan tentang sistem operasi yang terdapat pada sebuah perangkat komputer.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang apa perbedaan GBT dan MBR berikut penjelasannya, sekian yang dapat kami sampaikan beberapa perbedaan mbr dan gpt yang bisa kita ambil dari pengetahuan tersebut, dan terima kasih telah berkunjung kesitus ini yang sedang mencari pengertian gpt dan pengertian mbr, sampai jumpa kembali di informasi komputer lainnya.

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon