Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat Bergaris dan Berbayang

Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat bergaris dan berbayang - Hasil cetakan yang sempurna tentunya menjadi idaman bagi semua orang ketika Ia mencetak hasil karyanya pada sebuah printer baik itu mencetak dokumen maupun gambar. Tentunya akan sangat menjengkelkan jika hasil karya yang kita dicetak atau di print kemudian hasilnya cacat seperti hasil print bergaris, hasil print bolong-bolong, hasil print warnanya tidak sesuai,  hasil printnya seperti ada celah yang memanjang secara horizontal atau hasil print yang terlihat seperti loncat-loncat. Kerusakan ini tidak hanya terjadi pada satu jenis printer, namun bisa terjadi pada semua jenis dan merek printer misalnya printer epson 1390, Epson L310, Canon MP 258, printer hp deskjet, Printer brother dan banyak lagi.

Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat bergaris
Hasil cetakan loncat-loncat

Penyebab hasil cetakan atau print Cacat pada printer


Penyebab hasil cetakan atau hasil print yang cacat seperti yang sudah disebutkan diatas disebabkan karena adanya gangguan atau kerusakan pada komponen seperti print head, kerusakan pada mainboard printer, kerusakan pada mekanik, ataupun kalibrasi yang tidak sesuai. Kerusakan tersebut sebenarnya bisa kita atasi tanpa harus meminta bantuan tenaga profesional. Namun tentunya diperlukan ketelitian ketika memperbaikinya supaya tidak menambah kerusakan yang terjadi. 

Untuk kerusakan cetakan cacat yang disebabkan karena ada gangguan pada printhead misalnya print head yang buntu atau mampet bisa dilihat pada postingan sebelumnya berikut ini.

Untuk pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara mengatasi kerusakan pada printer Epson 1390 yang hasil cetakannya loncat-loncat dan membentuk garis kosong yang memanjang secara horizontal.

Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat bergaris  


Hasil print loncat-loncat yang dimaksud disini adalah ketika printer khususnya printer Epson 1390 pada saat melakukan proses print, hasilnya tampak seperti ada bolong yang memanjang secara horizontal. Cacat ini akan sangat terlihat jelas ketika kita menggunakan kualitas text atau text image. Kerusakan ini hampir sama dengan kerusakan hasil cetak yang disebabkan karena printhead yang mampet atau buntu. Namun pada kerusakan hasil cetak di sini bukan disebabkan karena print head karena jika dites nozzle maka hailnya akan sempurna tidak ada satu titik pun yang hilang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat bergaris
Hasil cetakan printer epson 1390 loncat-loncat

Untuk mengatasi kerusakan hasil printer epson 1390 berupa hasil print atau hasil cetak yang loncat-loncat dan membentuk garis kosong yang memanjang horizontal ini bisa diatasi dengan beberapa cara tergantung komponen mana yang menjadi penyebabnya. Berikut ini ada beberapa jenis kerusakan yang bisa menyebabkan hasil print loncat-loncat.

Hasil Print cacat karena ada masalah pada sensor .


Hasil print loncat-loncat juga ternyata bisa disebakan karena ada masalah pada sensor yang terletak pada mekanik printer. Dari hasil pengalaman perbaikan printer jenis  epson 1390 memang gejala ini sangat sering terjadi terutama pada printer yang memang sudah digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama dan kurannya perawatan pada printer tersebut.

Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat Bergaris dan Berbayang
Letak PF sensor dan FP encoder

Sensor  yang bisa menyebabkan hasil print loncat-loncat adalah sensor PF (PFsensor) dan encodernya ( PF Sensor Encoder). Sensor ini terletak pada bagian samping mekanik printer yang berada di dekat motor PF.  Adapun yang menyebabkan bagian sensor ini bermasalah biasanya disebabkan karena hal berikut ini.
  • Bagian sensor pf atau encodernya terkena tinta.  Jika pada sensor pf ataupun encodernya terkena tinta maka akan menyebabkan putaran pf roller akan menjadi terganggu. Akibatnya kertas yang tertarik pergerakannya akan terganggu. pergerakan kertas yang terganggu akan menyebabkan tidak sinkronya proses print yang dilakukan print head dengan pergerakan kertas. Kondisi ini akan menyebabkan hasil print menjadi loncat-loncat atau bisa juga jadi tumpang tinding.
  • Bagian encoder pf kotor dengan debu. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gejala yang sama dengan terkena tinta namun kalau terkena debu bisanya ditambah dengan gejala proses print yang tersendat-sendat dan disertai paper jam.
  • PF sensor rusak. Gejala hampir sama dengan kedua poin sebelumnya, namun terkadang menyebabkan blinking lampu tinta dan resume secara bersamaan.
Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan cara membersihkan bagian sensor dan encodernya. Jika encoder terkena tinta harus diganti dengan yang masih bagus.


Hasil Print cacat karena kalibrasi  sensor tidak sesuai


Kalibrasi sensor juga bisa menyebabkan hasil cetakan menjadi cacat seperti hasil cetakan bergaris, hasil cetakan menumpuk atau bisa juga loncat-loncat. Kalibrasi ini lebih dikenal dengan istilah adjusment. Untuk melakukan kalibrasi atau adjusment ini bisa menggunakan driver bawaan printer pada windows atau juga bisa menggunakan program reseter atau adjustment program. Mungkin sebagian banyak pengguna printer mengenal program reseter atau adjusment ini hanya digunakan untuk reset waste ink saja ketika printer epson mengalami blinking atau berkedip bergantian. Namun sebenarnya sangat banyak sekali manfaatnya.

Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat Bergaris dan Berbayang
Adjustment program epson 

Untuk mengatasi hasil cetakan loncat-loncat, berbayang atau tumpang tindih pada printer epson 1390 ini lebih bagus memakai reseter karena fiturnya lebih komplit.

Untuk cara kalibrasinya bisa dilihat pada postingan berikut ini.

  • Next post

Hasil cetakan cacat karena kerusakan mainboard


Jika setelah pengecekan semua komoponen khususnya pada 2 poin di atas tetapi tidak membuahkan hasil (di sini pada kondisi tidak ada masalah pada print head).  Maka Anda perlu mencurigai komponen satu ini karena berdasarkan pengalaman cukup banyak printer  Epson 1390 yang mengalami masalah hasil print cacat seperti loncat-loncat dan berbayang disebabkan karena adanya kerusakan pada mainboard.  

Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat Bergaris dan Berbayang
Minboard Epson 1390


Untuk mengatasi kerusakan ini saya biasanya mengganti dengan mainboard yang masih bagus. Sebenarnya  masih bisa diperbaiki dengan menganti komponen yang bermasalah pada mainbordnya. Namun karena saya belum menemukannya jadi mohon maaf tidak bisa di share di sini.. 


Mungkin itu saja yang bisa disampaikan mengenai bagaimana cara mengatasi kerusakan printer Epson 1390 yang cetakannya cacat dan loncat-loncat. Tulisan ini hanyalah sebuah tulisan yang diambil dari pengalaman saya ketika memperbaiki printer epson 1390, jadi saya sarankan Anda juga melakukan analisa lebih jauh lagi karena bisa saja letak kerusakannya berbeda. 

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya  dan semoga bisa bermanfaat. 



0 Response to "Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat Bergaris dan Berbayang"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel