Tips Cara Mengatasi PC atau Laptop yang Ngelag saat Main Game Berat

Tips Cara Mengatasi PC atau Laptop yang Ngelag saat Main Game Berat - Pada saat ini PC/Laptop banyak yang sudah mendukung game-game 3D terbaru yang memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi. Diantaranya adalah seperti Call of  Duty GTA, PES, NFS dan masih banyak lagi. Meskipun pada saat ini jenis motherboard PC/Laptop sudah menunjang untuk penggunaan game modern seperti sekarang ini, terkadang ada saja kondisi di mana game yang sedang dijalankan tiba-tiba mengalami lag atau macet. Tentu saja hal ini akan membuat kita kesulitan untuk menjalankan PC/Laptop, bila dibiarkan kemungkinan PC/Laptop rusak pun akan semakin besar.

Tips Cara Mengatasi PC atau Laptop yang Ngelag saat Main Game Berat
Optimasi laptop untuk game berat
Sebenarnya kemampuan dari sebuah laptop atau PC titik utamanya adalah pada hardware dari Laptop atau PC itu sendiri yaitu spesifikasi hardware yang dimiliki oleh laptop atau PC tersebut. Hardware yang sangat menentukan kinerja sebuah laptopatau PC misalnya Processor, VGA, Ram dan HDD/SSD. Semakin tinggi spesifikasinya maka kemampuannya  pun akan semakin optimal. Selain itu Hardware yang diguanakan juga haruslah mengikuti perkembangan dari aplikasi atau game yang Ada.
Sebagai contoh misalnya sebuah Pc atau laptop dengan spesifikasi paling tinggi di tahun 2013 belum tentu mampu menjalankan aplikasi atau game terbaru tahun 2018. 
Namun walaupun sebuah kemampuan sebuah PC atau laptop tergantung dari hardware yang digunakan, kita juga masih sedikitnya bisa mengotimalkan kinerja dari hardware yang ada supaya kita bisa menjalankan aplikasi atau Game berat tanpa Lag  yaitu dengan melakukan beberapa  tips berikut ini.

Baca juga:



Mengoptimalkan Kinerja PC atau laptop untuk menjalankan game berat


Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi PC/Laptop yang ngelag saat main game.

1). Upgrade Hardware


Sebuah PC atau laptop dengan spek minim misalnya  Cpu dual core, Ram 1 Gb dan Vga 512 ingin bermain PES 2019  dengan setingan grafik maksimum, pastilah tidak akan mungkin. Satu-satunya jalan adalah dengan mengupgrade hardware yang ada.  Hal ini karena Game yang akan dijalankan sudah di luar kemampuan dari spesifikasi hardware yang ada. Meskipun dibantu dengan game booster pun sepetinya tidak mampu memberikan hasil yang maksimal.

Hardware apa yang hrus diupgrade supaya bisa main game berat

Sebelum mengupgrade PC atau Laptop anda, tentukan terlebih dahulu komponen mana yang bisa dan harus diupgrade.

  • Laptop

Untuk laptop, anda tidak bisa dengan bebas melakukan upgrade karena untuk laptop bagian hardware yang bisa diupgrade hanyalah bagian RAM saja. Misalnya ram bawaan 2 Gb maka anda bisa menguprgadenya menjadi 4 Gb, 8Gb atau 16 Gb tergantung socket yang tersedia pada Mainboard laptop.
Ingat jangan salah pilih membeli ram karena jenisnya bermacam-macam jadi tentukan terlebih dahulu spesifikasi ram yang akan diganti. Misalnya RAM DDR3 PC 10600, RAM DDR 3 seri L , DDR 4,dll . Gantilah dengan ram yang sejenis.

  • PC

Untuk PC anda diberi kebebasan untuk melakukan upgrade semaunya, termasuk mainboard, VGA, RAM, Processor, HDD/SSD  dan Power Supply. Namun untuk bermain game bagian penting yang perlu diupgrade adalah Vga, Processor dan Ram.

Walapun kita bebas melakukan upgrade untuk PC kita namun tetap harus diperhatikan spesifikasi dari hardware yang akan kita upgrade tersebut supaya tidak salah pilih. Sebagai contoh misalnya jenis socket processor, tipe ram dll.. Pastikan semuanya sesuai

2) Mengurangi kualitas Grafik Game yang dimainkan


Cara ini dilakukan untuk  mengatasi hardware dengan spesifikasi pas-pasan supaya bisa memainkan game dengan baik. Silahkan gunakan mode game dengan kualitas low sesuai dengan kemampuan harware yang ada. Memainkan game berat dengan spek pas-pasan memang sedikit merepotkan. Namun intinya Anda jangan egois, jangan memaksakan komputer Anda untuk mejalankan game diluar kemapuannya dan berharap game berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu aturlah kulaitas grafik sesuai dengan kemampuan spesifikasi pada harware yang dimiliki oleh PC atau lapotop Anda.

3) Tutup Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Hal yang harus Anda lakukan ketika mendapati PC atau Laptop tiba-tiba ngelag saat main game adalah menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan. Meskipun tidak sedang digunakan, pastikan untuk menutup aplikasi yang bisa mengganggu performa gaming. Maka dari itu, sebelum menjalankan game, ada baiknya aplikasi-aplikasi yang tidak butuhkan ditutup saja agar proses gaming berjalan dengan lacar.

4. Menggunakan Aplikasi Tambahan seperti Game Booster

Selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi PC/Laptop yang ngelag saat main game adalah dengan menggunakan aplikasi game booster. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk mempercepat performa gaming, yaitu dengan cara memberikan berbagai opsi pengaturan dan tuning sistem otomatis, serta menutup berbagai aplikasi di backgrround yang tidak perlu atau yang dirasa akan mengganggu kinerja gaming saat dimainkan.

5. Batasi Waktu Penggunaan atau Working Time

Salah satu hal yang bisa menyebabkan lag adalah karena waktu penggunaan atau working time yang tinggi yang mengakibatkan suhu hardware khususnya CPU tinggi, sehingga membuat tidak maksimal performanya. Maka dari itu ada baiknya penggunaan gaming dibatasi dengan melihat jam penggunaan atau load time yang ada dan memerhatikan suhu aktif hardware saat itu.

6. Pengaturan Overclock

Overclock dipercaya sebagai hal yang dapat mengakibatkan permasalahan pada performa CPU karena overclock ini dapat mengakibatkan panas pada harware yang berakibat pada penurunan performa gaming, tak terkecuali CPU, grafis, dan RAM Komputer. Oleh sebab itu pengaturan overclock yang ideal dibutuhkan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila tidak ingin mematikan fitur overclock, setidaknya lakukan pengaturan dengan mengembalikan sebagian paramter overclock ke kondisi default untuk mendapatkan kenaikan performa gaming.

7. Menonaktifkan Antivirus

Selain overclock, antivirus juga diyakini mampu memperlambat performa gaming. Hal ini disebabkan oleh resource sistem yang sebagiannya masih dialokasikan ke program antivirus yang berjalan di background ini. Oleh sebab itu, menonakifkan antivirus bisa menjadi alternatif penyelesaian yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses atau performa gaming. Atau setidaknya dengan menonaktifkan beberapa fitur antivirus yang dirasa tidak perlu, diantaranya seperti email shield, web shield.

Selain itu bisa juga dilakukan dengan cara menambah fitur exception antivirus terhadap folder dan sistem game agar file sistem game tidak dimasukkan ke daftar scannng antivirus, sehingga tidak ada lagi proses scanning kalau game dijalankan secara full.

8. Adanya Masalah Pada VGA atau BIOS

Salah satu dari ciri-ciri VGA yang rusak atau bermasalah umumnya ditandai dengan rendering grafis yang lambat atau tidak sesuai. Untuk pengecekan sendiri silahkan lakukan diagnosa hardware grafis atau jika diperlukan bisa dibawa ke service PC atau notebook terdekat.

Selain VGA yang rusak, BIOS yang bermasalah juga bisa berakibat pada sistem yang unstable atau tidak stabil, tak terkecuali untuk pemrosesan yang berkaitan dengan GPU (Graphics Processing Unit) atau dalam hal ini kartu grafis dan chipset fungsinya. Permasalahan pada BIOS biasanya terjadi pada saat BIOS selesai diupdate, mengingat motherboard saat ini sudah banyak yang mendukung fitur update atau flashing  BIOS dengan update file via USB Drive. Sebagai alternatif penyelesaian, cukup kembalikan BIOS ke versi sebelumnya.

9. Driver yang Tidak Up-To-Date atau Kadaluarsa

Apa itu Driver? Driver adalah file sistem yang berfungsi agar sistem operasi bisa berinteraksi dengan hardware atau piranti terkait. Oleh sebab itu bisa dikatakan VGA grafis yang drivernya tidak up-to-date atau dengan kata lain kadaluarsa dapat mengakibatkan kinerjanya menjadi tidak optimal, hal ini yang berdampak pada performa gaming menurun dan juga munculnya lag bahkan hingga crash. Maka dari itu usahakan untuk selalu update driver PC/Laptop dengan yang terbaru terutama driver grafis, karena hal ini berkaitan langsung dengan performa dan unjuk kerja gaming sendiri.

10. Daya PSU (Power Supply) yang Tidak Optimal

Selanjutnya adalah dengan menggunakan PSU (Power Supply) berkualitas. Power Supply berfungsi memberikan suplai kebutuhan listrik ke berbagai komponen yang membutuhkan. PSU yang tepat untuk PC/Laptop gaming  bisa didapat dengan melihat pada spesifikasi dan konstruksinya.
Dalam pemilihan PSU dengan spesifikasi yang tidak tepat guna atau tidak mampu menyokong dengan optimal kebutuhan power dari piranti grafis gaming dan CPU akan menghasilkan kinerja grafis yang tidak stabil dan cenderung melambat. Oleh sebab itu, pemilihan PSU yang tepat akan mampu memberikan performa terbaik dari semua piranti gaming yang ada.

11. Hardware yang Bermasalah

Hal ini bisa berdampak pada performa dan munculnya lag pada saat gaming dijalankan. Salah satunya apabila hard disk bermasalah maka akan berpengaruh pada pemrosesan baca/tulis data. Dengan begitu hardware yang berkaitan langsung dengan performa gaming adalah kartu grafis dan juga power supply.


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi PC/Laptop yang ngelag saat main game. Jika diperlukan panggillah seseorang yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan lag saat gaming. Jika PC/Laptop tiba-tiba mengalami lag, pastikan untuk tidak membiarkannya, karena hal itu akan mengakibatkan kerusakan pada PC/Laptop. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Mengatasi PC atau Laptop yang Ngelag saat Main Game Berat"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel