Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Printer Hp Laserjet Pro400 M401n

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Printer  Hp Laserjet Pro400 M401n - Kerusakan pada printer laser jet pada umumnya yang paling sering terjadi adalah kerusakan berupa paper jam atau kondisi dimana kertas tidak terload sempurna pada saat printer melakukan proses print.  Perlu diketahui bahwa meskipun kategori kerusakannya sama yaitu error paper jam, namun penyebab terjadinya paper jam tersebut cukup banyak.

Kerusakan paper jam atau error paper jam ini bisa disebabkan karena kondisi komponen yang memang sudah tua atau aus juga bisa disebabkan karena adanya benda asing yang menggangu proses print.

Selain itu untuk printer khususnya jenis laserjet biasanya tiap tipe atau model mempunyai ciri atau perbedaan masing-masing termasuk komponen yang sering mengalami kerusakannya.

Sebagai contoh misalnya printer laserjet hp 2035n dan hp Pro M401 meskipun dari bentuk dan mekanik hampir 90% sama namun ternyata dua printer ini memiliki ciri khas tersendiri dalam hal ini adalah menyangkut komponen yang sering mengalami kerusakan.

Bagian atau komponen mekanik printer hp laserjet Pro 400 M401n yang sering rusak


Nah untuk printer laser Hp Pro M401 ini ada beberapa komponen yang sering mengalami kerusakan. Letak kerusakannya berbeda namun jenis errornya sama yaitu Paper Jam.

1. Mekanik fuser


Bagian ini adalah bagian yang paling umum yang menjadi salah satu penyebab printer laserjet mengalami error paper jam. Tidak hanya pada printer laser jet Hp m401 saja namun bisa terjadi pada semua jenis printer laserjet misalnya hp 2035, hp 1505, hp 1102, m402 dan banyak lagi termasuk dari merek yang lain.

Ketika proses print berlangsung, sebelum tulisan atau gambar (file yang akan dicetak)  menempel pada kertas, namun telebih dahulu akan ditembakan oleh laser ke bagian drum pada catridge. Pada bagian drum inilah toner akan membentuk tulisan atau apapun sesuai data input. Nah dari drum ini barulah ditransfer ke kertas.

Setelah menempel pada kertas, toner tersebut masih berupa serbuk dan belum menempel secara sempurna. Supaya toner benar-benar menempel pada kertas, maka di sinilah mekanik pemanas berperan.. Toner pada kertas akan di press dan dipanaskan sampai toner benar-benar menempel pada kertas dengan sempurna.

Setelah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama atau printer digunakan dengan frekuensi yang berat. Bagian bagian pada mekanik pemanas ini terutama fuser film dan pressure roll akan mengalami kerusakan. Namun selain itu sering ditemukan kondisi fuser film dan pressure roll mengalami kerusakan berat karena masuknya benda asing pada bagian ini misalnya isi staples, atau benda asing lainnya.

Adapun jenis kerusakan yang disebabkan oleh bagian ini adalah sebagai berikut.
  • terjadi paper jam  kertas
  • hasil cetakan rusak misalnya ada blok hitam pada tiap sisi kertas hasil cetak
  • Error printer misalnya muncul pesan fuser error
  • kertas hasil cetak sering kusut
Untuk memperbaikinya cukup mengganti komponen pada bagian ini misanya fuser film, pressure roll dan grease jika terjadi paper jam atau mengganti sensor termal fuse jika terjadi fuser error dan over heat.

2. Dudukan Gear pada mekanik pemutar drum catridge


Bagian ini adalah bagian yang juga sering rusak terutama untuk printer hp laserjet Pro 400 M401n. Dibanding kakanya tipe 2035p, untuk printer laser hp Pro 400 M401n ini lebih rentan mengalami kerusakan pada bagian dudukan gear pemutar drum catridge.



Secara sekilas gejala kerusakan ini persis sama dengan gejala kerusakan pada catridge (catridge yang drumnya macet). Untuk labih jelas tentang gejala yang muncul pada kerusakan ini, perhatikan beberapa poin berikut in.
  • Pada saat printer dinyalakan, seperti biasa printer akan mengecek keberadaan catridge kemudian catridge akan berputar sebentar. Pada proses ini biasanya jika dudukan gear pemutar catridge rusak, maka akan terdengar suara berisik yang suaranya sama seperti pada saat pemasangan catridge yang tidak pas pada dudukannya.
  • Jika dicoba untuk print, biasanya kertas akan tertarik seperti biasa namun kertas akan berhenti setelah menyentuh bagian drum catridge sehingga terjadi error paper jam.

Jika kita menemukan gejala tersebut, kita jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa dudukan gear pemutar catridge sudah rusak namun lakukanlah beberapa pemeriksaan seperti pada poin berikut ini.
  • Cobalah lepas catridgenya kemudian coba putar bagian drum dengan tangan. Pastikan drum bisa berputar dan terasa cukup ringan ketika kita memutarnya.
  • Jika ternyata drum sangat berat ketika diputar, cobalah terlebih dahulu tukar catridge dengan yang masih bagus kemudian lakukan pengetesan print.
  • Jika ternyata keluhan masih muncul meskipun catrdige sudah diganti, barulah kita melakukan pengecekan pada bagian dudukan gear pemutar drum catridge.
Untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya bisa diikuti poin berikut ini.
  • Lepas catridge dari dalam printer, kemudian coba gerakan besi pemutar drum catridge yang terhubung ke gear dengan cara mengerakannya ke depan- ke belakang, ke atas - kebawah.. 
  • Jika terasa longgar berarti kemungkinan dudukannya (dudukan gear pemutar drum) sudah rusak.
Untuk posisi besi pemutar drum catridge, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Pemutar cartidge
Jika kurang jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Pemutar catridge tampak lebih dekat

Setelah mencoba memeriksanya dengan cara menggerakannya dengan tangan dan terasa cukup longgar, tahap selanjutnya adalah memastikan apakah dudukan gear sudah rusak atau belum? Untuk mengetahuinya Anda harus membongkar bagian mekanik gear yang lerletak di sisi sebelah kanan.

Penting: 
Pada saat membongkar mekanik gear, usahakan posisi printer jangan dimiringkan atau membaliknya ( posisi mekanik gear di atas ). Hal ini untuk mencegah gear terlepas dari dudukannya sehingga Anda merasa kesulitan untuk untuk memasangnya kembali karena tidak mengetahui posisi asalnya kecuali jika Anda sudah terbiasa

Setelah mekanik gear dilepas, kemudian temukan dudukan gear seperti pada gambar di bawah ini. Bagian ini posisinya terhalang oleh gear yang diameternya paling besar (gear pemutar drum catridge).


Selalah menemukan bagian tersebut silahakn bongkar kemudian periksa apakah lubangnya sudah aus atau ada bagian yang patah ?

Sebagai contoh pada gambar di atas ada 2 dudukan gear, Untuk no 1 adalah yang sudah rusak dan untuk no 2 adalah dudukan gear yang masih bagus.

Silahkan perbaiki bagian tersebut, dengan mencari kanibalan, modifikasi dari printer jenis lain atau juga bisa memperbaikinya dengan sedikit kreatifitas.

Modifikasi dudukan gear printer laser hp Pro 400 M401n ( postingan yang akan datang )


3. AS Penarik Kertas atau Paper Pick Up Roller tray atas ( tray 1)


Bagian ini adalah sebuah as tempat menempelnya komponen roll penarik kertas atau paper pick up roller tray 1. Untuk printer laserjet hp m401n  ini sering sekali terjadi masalah pada bagian ini.

Untuk gejala yang muncul jika terjadi kerusakan pada bagain ini secara umum sama dengan gejala kerusakan pada komponen sebelumnya yang sudah kita bahas di atas yaitu terjadinya error paper jam. Namun secara detail akan ditemui gejala yang sedikit unik.



Berikut ini adalah gejala kerusakan yang muncuk jika ada masalah pada bagain as paper pick up.

  • Pada saat proses print biasanya kertas kadang tertarik namun kadang tidak berhasil ketarik oleh bagian pick up roller. 
  • Pada kondisi kertas tidak bisa tertarik biasanya akan terdengar bunyi tik tik tik (suaranya pelan) pada gear yang terpasang pada as pick up roller (letaknya pada sisi kiri).
Untuk lengkapnya seperti ini:
Pada saat printer menarik kertas untuk proses print, karet roll penarik kertas (paper pick up roller) bergerak menarik kertas seperti biasa namun kertas gagal ketarik. Pada kondisi ini untuk printer normal biasanya karet roll penarik kertas akan mengulang lagi berputar untuk menarik kertas supaya masuk ke area cetak, jika masih gagal karet roll akan mengulangnya 1 kali lagi. Nah untuk printer m401 yang as penarik kertasnya bermasalah, setelah karet roll berputar yang pertama dan tidak berhasil menarik kertas, karet roll ini tidak mengulangi prosesnya untuk menarik kertas lagi, tetapi langsung diam (pada kondisi ini akan terdengar suara tik-tik tik pada gear sebelah kiri)


  • Setelah itu akan muncul pesan error paper jam pada display printer atau pada komputer yang terhubung ke printer


Bersambung,,,,,

0 Response to "Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Printer Hp Laserjet Pro400 M401n"

Post a Comment

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel