Wednesday, November 21, 2018

Cara Reset Printer Epson L Series Secara Manual Tanpa Software

Cara Reset Printer Epson L Series  Secara Manual Tanpa Software - Pada artikel sebelumnya telah kita bahas bagaimana cara melakukan reset untuk printer Epson L130 L220 L310 L360 L365 dengan menggunakan program khusus yaitu reseter atau adjusment program. Reset tersebut untuk mengatasi error blinking bergantian pada pada indikator tinta dan kertas.

Lalu bagaimana jika lampu indikator yang menyala adalah indikator tinta atau dengan kata lain tinta sudah terdeteksi habis dan harus di reset ulang supaya tinta kembali terdeteksi. Untuk kasus ini bisa kita atasi dengan cara melakukan reset manual melalui tombol supaya tinta terdeteksi lagi.

Cara Reset Printer Epson L Series  Secara Manual Tanpa Software
Notifikasi printer Epson seri L minta reset ink


Jenis printer epson apa yang bisa direset secara manual melalui tombol?


Printer Epson yang bisa direset secara manual melaui tombol dengan cara yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah printer ink jet  epson seri L terbaru mulai dari epson L110. Misalnya Epson L110 L210 L300, L310, L220, dll.

Gejala atau indikator yang muncul pada printer epson L series ketika tinta harus direset


Berikut ini gejala atau indikator yang muncul ketika printer Epson L series harus reset tinta.

  • Lampu indikator tinta menyala diam
  • Muncul pesan Ink Run Out atau It is nearly time to reset the ink levels atau  muncul pesan it is time to reset the ink level pada komputer yang terhubung dengan printer
  • Printer tidak bisa digunakan untuk print

Untuk printer Epson L series seperti epson L310 L130 L220 dll yang lampu indikator tintanya masih berkedip tidak bisa direset dengan cara ini tetapi harus meunggu sampai indikatornya tidak bekedip lagi (diam)

Reset Printer Epson L Series  Secara Manual


Untuk reset printer Epson seri L secara manual dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan tombol indikator tinta yang berada disebelah tombol power. Reset ini bertujuan untuk mengatasi printer Epson seperti L130, L220, L310, L110,L210 dll yang lampu indikator tinta menyala terus dan muncul notifikasi Ink Run Out atau It is nearly time to reset the ink levels pada komputer yang terhubung dengan printer seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya

Langkah-langkah reset tinta (ink) pada printer epson seri L secara manual 


  1. Dalam keadaan printer menyala dan lampu indikator tinta menyala (tidak berkedip) silahkan tekan tombol yang bergambar tetesan tinta (indikator tinta) selama kurang lebih 10 detik kemudian lepaskan.
  2. Jika lampu indikator tinta masih menyala, coba lakukan reset manual lagi sepeti pada tahap 1 namun dengan sedikit kombinasi yaitu silahkan tekan tombol tinta selama 5 detik, kemudian lepas, selang 1 detik tekan lagi tombol indikator tinta selama 3 detik dan lepas lagi, selanjutnya selang 1 detik setelah tombol dilepas, tekan lagi tombol indikator tinta selama 1 detik dan lepaskan. 
  3. Sampai tahap ini seharusnya printer sudah bisa digunakan lagi  

Rumus poin 2: tekan 5 detik, lepas - 3 detik, lepas - 1 detik, lepas

Baca Juga: Tutorial Rеѕеt Printer Eрѕоn L130 L220 L310 L360 L365 Blinking dengan Reseter

Jika langkah di atas tidak berhasil coba matikan printer kemuadian ulangi langah di atas sekali lagi. Namun jika ternyata masih tidak berhasil, bisa saja tombol tintanya tidak berfungsi ( switch untuk reset tinta sudah rusak ) sehingga harus dicek dengan menggunakan avo meter dan diganti jika memang sudah rusak

Cara Reset Printer Epson L Series  Secara Manual Tanpa Software
Swith reset tinta printer epson L series
Untuk printer dengan kondisi indikator tinta menyala namun masih dalam keadaan berkedip maka cara di atas tidak bisa menyelesaikannya. Hal ini dikarenakan tinta masih terdeteksi, akan tetapi sistem pada printer sudah mendeteksi bahwa tinta pada tabung sudah sedikit atau sebentar lagi akan habis. Untuk menghilangkan indikator blinkingnya Anda harus menunggu sampai indikator tinta tersebut menyala diam (tidak berkedip), kemudian gunakan langkah di atas untuk meresetnya.

Namun jika Anda tidak sabar ingin menghilangkan indikator tinta yang terus berkedip, Anda bisa mencoba cara yang dijelaskan pada artikel di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mangatasi Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 L300 L210 L310 atau L Series Blinking Terus

Itulah langkah-langkah cara reset tinta pada printer epson seri L secara manual, semoga bisa bermanfaat. Jika ada yang kurang difahami silahkan mengajukan pertanyaan pada kolom komentar yang sudah disediakan.

Tambahan:

Jika setelah reset ada masalah pada hasil print misalnya hasil print bergaris atau tinta tidak keluar silahkan simak postingan berikut ini.



Semoga bermanfaat, dan terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Terkait

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon