Thursday, January 31, 2019

Cara Reset Printer Epson L550 L555 Dengan Mudah

Cara Reset Printer Epson L550 L555 Dengan Mudah - Printer Epson L 550 dan L555 merupakan printer L series yang mempunyai banyak fitur dan bisa dikatakan fungsinya sangat komplit. Mulai dari fungsi print, scan, wifi, dan fax ada pada printer yang satu ini.

Sama seperti printer jenis lainnya printer epson L555 ini diperlukan perawatan baik itu secara fisik maupun secara software.

Cara Reset Printer Epson L550 L555 Dengan Mudah


Untuk perawatan secara fisik misalnya menjaga kebersihan printer, selalu membersihkan tinta sampah dan lainnya yang berhubungan dengan fisik printer itu sendiri. Kemudian perawatan secara software yaitu melakukan reset secara berkala setelah printer digunakan pada waktu tertentu.

Kapan Melakukan Reset Printer Epson L550 dan L555


Untuk waktu kapan printer ini di reset, itu tergantung dari frekuensi penggunaannya. Pada waktu tertentu printer akan memberikan informasi kepada pengguna berupa indikator tertentu dan dan harus segera dilakukan reset supaya printer bisa digunakan kembali.

Untuk gejala yang muncul pada umumnya sama dengan peinter epson jenis lainya yaitu, muncul blinking atau lampu berkedip secara bergantian pada printer L550 tersebut pada saat mulai dihidupkan. Pada kondisi ini printer tidak bisa digunakan.

Selain itu juga akan muncul pesan error service required atau a printer's ink pad is the end of service life pada status monitor printer pada komputer.

Penyebab printer Epson L550 dan L550 harus direset


Untuk penyebab printer harus dilakukan reset dan munculnya error tersebut pada umumnya sama dengan printer epson yang lainnya yaitu counter pembuangan sudah penuh. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek pada postingan sebelumnya pada pembahasan reset Epson L310 atau juga bisa di sini "Reseter Epson L130-L220-L310-L360-L365 100% Berhasil"

Jika Error yang muncul adalah blinking Power dan Adf, anda bisa cek postingan sebelumnya di sini

Baca Juga: Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF


Cara Reset Printer Epson L550 L555 dengan mudah menggunakan Reseter atau Adjustment Program


Berikut ini cara atau langkah-langkah reset printer dengan menggunakan program khusus yaitu reseter epson L555. Caranya sebenarnya sama persis dengan melakukan reset pada printer epson tipe lainnya.

Tahapan reset printer Epson L555

  • Sebelum ketahap reset printer, tentunya Anda harus mempunyai reseter khusus untuk printer yang bersangkutan. Untuk yang belum memilikinya bisa unduh pada tautan yang sudah diberikan di akhir postingan
  • Setelah berhasil unduh silahkan ektrax file reseternya menggunakan winrar atau sejenisnya
  • Buka folder hasil extrak kemudian dobel klik pada file adj prog
  • Selajutnya pilih tipe printer yang akan direset pada menu Select
  • Perhatikan di sebelah kanan bawah, pilih tombol particular adjusment mode
reseter epson L555 L550

  • Tahap berikutnya pilih tombol waste ink pad counter. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.
Cara Reset Printer Epson L550 L555 Dengan Mudah

  • Setelah memilih tombol waste ink pad counter, nanti akan muncul menu berikutnya seperti berikut ini

  • Perhatikan gambar di atas, pada bagian yang diberi angka 1 (satu) silahkan dicentang. Di sebelahnya ada kotak point dan tulisan max. Kotak poin adalah kontak yang akan menunjukan informasi nilai (counter pembuangan) yang harus direset dan  tulisan 6500 point adalah jumlah maksimal. Jika nilai pada kotak sudah lebih dari nilai 6500 maka otomatis printer akan berhenti berfungsi dan harus dilakukan reset dengan menggunakan reseter 
  • Pada bagian yang ditandai dengan angka 2, di situ ada dua tombol yaitu check dan initilization. Tombol cek berfungsi untuk mengecek nilai pad counter yang harus direset dan tombol initialization berfungsi untuk eksekusi reset.
  • Silahkan anda bisa mengecek terlebih dahulu atau langsung mengklik initilization untuk langsung mereset printer.
  • Ketika tombol initialization diklik, nanti akan muncul progres resetnya dan setelah selesai akan muncul perintah untuk mematikan printer epson L555 anda. 
  • Silahkan matikan printer dan hidupkan kembali
  • Selesai
  • Sampai tahap ini Anda sudah berhasil mereset printer epson L550 dan L555.
Untuk pengetesan, silahkan coba untuk print gambar atau teks, Kemudian lihat hasilnya. Jika ternyata hasil kurang memuaskan, lakukan beberapa langkah seperti head cleaning, cek catridge, vacum catridge dan sebagainya. Untul lebih lengkapnya bisa dilihat pada postingan berikut ini


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai reset printer epson L550 L555 dengan menggunakan reseter, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan jika ada yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang sudah disediakan. Terima kasih.




Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Mengunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon