Friday, March 29, 2019

Printer Epson L1800 Load Paper Error [Kertas tertarik tapi error]

Printer Epson L1800 Load Paper Error - Sebuah printer epson seri L1800 ketika digunakan untuk print sering terjadi error, kertas tertarik tapi tidak mencetak dan diakhiri dengan menyalanya lampu indikator kertas (paper jam). Untuk bisa mencetak harus ditekan tombol resume beberapa kali sampai kertas tertarik dengan sempurna dan mencetak.

Secara fitur, printer ini bisa dikatakan lebih bagus dari pada printer versi sebelumnya yang sejenis yaitu Epson Stylus Photo 1390. Tidak hanya fitur namun dari kualitas hasil print pun printer Epson L1800 ini lebih tajam jika dibandingkan dengan printer Epson SP1390.

Dari kelebihan tersebut ternyata printer epson L1800 ini mempunyai kelemahan dibandingkan dengan printer Epson 1390. Kelemahan ini terletak pada bagian roll assy atau roll penarik kertas. Jika dibadingkan dengan epson 1390, karet epson L1800 lebih cepat rusak.

Printer Epson L1800 Load Paper Error [Kertas tertarik tapi error]

Dalam 2 bulan ini ada 3 user yang membawa printer epson ini untuk diperbaiki dengan kerusakan yang sama yaitu printer sering error ketika menarik kertas, jadi harus beberapa kali menekan tombol resume sampai bisa print normal. Untuk penyebab kerusakannya belum bisa dipastikan apakah karena kualitas bahan, frekuensi pemakaian atau cara penggunaan yang kurang tepat. Saya hanya mendapatkan informasi bahwa ketiga printer tersebut rata-rata baru dipakai selama sekitar 6 bulan dan masih dalam masa garansi.

Bagaimana cara mengatasi error Load Paper Error pada printer Epson L1800


Kerusakan pada alat elektronika memang tidak bisa diprediksi. Sebagus atau semahal apapun tidak menjamin bisa tahan untuk pemakaian lama. Begitu juga dengan printer epson tipe ini.

Untuk Anda yang kebetulan memiliki printer epson L1800 ini dan mempunyai permasalahan yang sama, yaitu masih dalam masa garansi namun penarik kertasnya sudah bermasalah, Anda bisa melakulakn beberapa beriktu ini.
  • Jika tidak terlalu Urgent, lebih baik Anda membawanya ke service center untuk klaim garansi
  • Jika dalam keadaan Urgent, Anda bisa memperbaikinya dengan cara cukup aman tanpa harus merusak segel garansi. Dengan demikian printer masih bisa digaransikan walalupun sudah diperbaiki 
Berikut ini adalah gambar komponen yang sering menyebabkan terjadinya error load paper error

Printer Epson L1800 Load Paper Error [Kertas tertarik tapi error]

Cara yang akan saya jelaskan di sini adalah pertolongan pertama saja, atau bisa dikatakan hanya untuk sementara saja karena bisanya tidak akan bertahan lama. Berikut ini adalah langkah langkah bagaimana cara mengatasi load paper error tanpa merusak segel garansi.

Baca Juga: Printer Epson SP 1390 Error Berhenti di Tengah Proses Print [lampu kertas dan tinta berkedip]

Atasi error load paper dengan seting ketinggian as asf (as penarik kertas)


Sebagai langkah pertama perbaikan printer yang tidak bisa menarik kertas atau kertas tertarik tapi menimbulkan error bisa lakukan dengan sangat mudah yaitu dengan mengatur ketinggian penarik kertas pada printer L1800 ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti:
  • Siapkan sebuah obeng plus (+) pendek. 
Printer Epson L1800 Load Paper Error [Kertas tertarik tapi error]

  • Geser Rumah catridge ke ujung sebelah kanan. Pada kondisi mati, rumah catridge ini biasanya dalam keadaan terkunci sehingga sulit untuk digeser, namun Anda tidak perlu kuatir karena sebenarnya sangatlah mudah. 

Printer Epson L1800 Load Paper Error [Kertas tertarik tapi error]


Berikut ini cara menggeser rumah catridge pada printer Epson L1800
  1. Hidupkan Printer, tunggu sampai rumah catridge ke tengah 
  2. Pada saat rumah catridge berada di tengah atau ujung kiri, dengan segera cabut kabel power pinter.
  3. Setelah itu rumah catridge sudah bebas Anda geser-geser.
  • Geser Rumah catridge ke ujung kanan kemudian perhatikan baut (screw) yang ditandai dengan lingkaran pada gambar di bawah. Screw tersebut berfungsi untuk mengatur ketinggian penarik kertas. Untuk printer baru dan belum diperbaiki biasanya masih ada celah untuk digeser ke bawah.
  • Untuk megatasi penarik kertas yang sering los sehingga kertas tertarik namun tidak terdeteksi sehingga menyebabkan error (load paper error), bisa diatasi dengan cara menurunkan dudukan roll penarik kertas. Untuk menurunkan dudukan roll penarik kertas ini bisa dilakukan dengan cara menurunkan atau menggeser baut (screw) ke bawah.
  • Silahkan turunkan baut tersebut sampai mentok ke bawah dengan menggunakan obeng plus pendek.

Printer Epson L1800 Load Paper Error [Kertas tertarik tapi error]


  • Baut pengatur roll penarik ini terdapat 2 buah. Oleh karena itu silahkan lakukan setingan sepeti baut yang satunya.



  • Selanjutnya coba lakukan pengetesan dengan cara print beberapa halaman dari komputer atau juga bisa dengan cara menekan tombol resume supaya kertas tertarik
  • Pastikan kertas tertarik dengan sempurna tanpa menimbulkan error

Jika setelah dilakukan penyetelah namun tidak membuahkan hasil, berarti tidak ada jalan lain selain menganti bagian karet roll atau  karet penerik kertas. Jika printer epson L1800 Anda masih dalam masa garansi, langkah terbaik adalah membawanya ke tempat service resminya untuk klaim garansi.

Itulah tips sederhana cara mengatasi error saat menarik kertas pada printer Epson L1800. Cara ini hanyalah cara sementara saja. Sehingga meskipun berhasil kemungkinan tidak akan bertahan lama. Trik ini juga bisa dipakai untuk printer epson 1390. Akhir kata Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. 


Artikel Terkait

Tata tertib berkomentar
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Menggunakan bahasa yang sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Terimakasih.
EmoticonEmoticon