Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102

Posted on
Printer Laser jet 1102 termasuk printer yang cukup tangguh dengan body yang kokoh dan kecepatan
mencetaknya pun cukup menjadi salah satu pertimbangan pada saat kita hendak ingin membeli sebuah printer jenis laser jet. Dari segi harga, printer ini termasuk printer dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan seri yang lain seperti tipe pro 400, Hp 2035, M402 dan sebagainya. Namun berdasarkan pengalaman kulitas ketahan sebuah printer laset jet tergantung bagaimana kita menggunakanya sehari- hari. Jika penggunaannya asal-asalan atau tidak dirawat tentunya umur pakainya pun tidak akan lama. Yang dimaksud pengunaan asal-asalan di sini yaitu misalnya penggunan kertas yang sudah rusak atau kusut, pemakain catridge yang yang dipaksakan meskipun cetakannya sudah mulai rusak, serbuk- serbuk toner yang ada pada printer jarang dibersihkan, dan sebaginya. Sehingga menyebabkan adanya kerusakan pada printer terutama pada bagian pemanas seperti fuser film, pressure roll dan bagian laser yang kotor dengan serbu toner.

Supaya printer laset jet masa pakai nya awet  dan tidak terjadi error, ada beberapa hal yang harus di perhatikan :
  • Jangan mengunakan kertas bekas, karena bisanya kertas bekar rentan terdapat staples yang bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian fuser fiil dan pressure roll.
  • Hindari penggunaan kertas yang kusut karena dapat menimbulkan paper jam.
  • Jangan mengunakan catridge yang tonernya sudah habis karena jika tonenya sudah habis maka otomatis serbuk toner ditabung pembuangannya sudah penuh. Dan biasanya kalau serbuk pembungannya sudah penuh sering terjadi kebocoran akibatnya tonernya akan berceceran di dalam printer. Keadaan ini bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian pemanas gear, laser, dan roll penarik kertas.
  • Lakukan perawatan pada printer laser secara rutin, yaitu membersihkannya dari serbuk-serbuk toner. Pada bagian dalam maupun bagian luarnya. 
Untuk melakukan perawatan terutama mebersihkan bagian dalamnya, maka kita perlu membongkarnya supaya hasilnya lebih maksimal. Jika anda mengalami kesulitan bagaimana cara membongkarnya, tenang saja karena di sini saya akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara membongkarnya. Anda tinggal mengitu langkah-langkahnya saja dan lakukan dengan hati-hati. Selain itu juga membongkar casing printer diperlukan ketika printer sudah terlanjur mengalami kerusakan atau terjadi masalah-masalah pada saat digunakan misalnya paper jam, cetakan tidak rata, tidak bisa mencetak dll. Sehingga kita harus mebongkarnya untuk mennganti komponen yang mengalami kerusakan.

Baiklah inilah langkah-lanhkah cara membongkar printer Laser Jet hp 1102. 

1. Langkah pertama adalah membongkar casing bagian depan printer. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini. Bagian yang diberi tanda panah adalah bagian yang saya maksud.

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( membuka bagian casing depan )
  • Untuk membongkarnya yaitu dengan mencungkil pengaitnya (pengunci) terletak di bagian bawah pada sisi kiri dan sisi kanan. Cungkil dengan menggunakan obeng minus atau pinset dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya patah.
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( cungkil pengaitnya denga obeng min )
  • Setelah pengait pada kedua sisinya lepas, tarik casing bagian depannya perlahan sambil diangkat ke atas sampai terlepas dari dudukannya. 

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( tarik ke depan sambil sedikit diangat ke atas )
2. Untuk langkah selanjutnya adalah membuka casing atau penutup bagian pada sisi kiri dan kanan. Cara membukanya pertama-tama buka semua baut pada casing penutup belakangnya.  Setelah itu cungkil bagian pengaitnya. Pehatikan beberapa gambar berikut ini.

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( cungkil bagian sebelah belakangnya dengan obeng min )
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( cungkil pengait pada bagian bawahnya dengan obeng min )
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( cungkil pada pengait bagian atasnya )

3. Setelah ketiga pengaitnya terlepas, lepas bagian casing tersebut. Setelah itu lepas juga bagian  casing pada sisi yang lainya dengan cara yang sama. 

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( melepas penutup kiri dan kanan )

4. Langkah selanjutnya adalah melepas penutup pada bagian belakangya. Bagian ini terbuat dari bahan logam. Untuk membukanya yaitu dengan mencungkilnya menggunakan obeng min atau pinset. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Pertama-tama cunkil bagian pada sisi atas sebelah kiri dan kanan ( tanda panah b ), kemudian tarik sambil sedikit dinagkat sampai bagian tersebut terlepas dari dudukannya ( tanda panah a)

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( membuka penutup belakang )

4. Setelah penutup belakangnya dilepas, Selanjutnya melepas atau membongkar bagian atas printer. Bagian ini merupakan pintu untuk menutup dan membuka pada saat kita memasang atau melepas catridge. Cara membuka bagian ini perhatikan tiga gambar di bawah ini. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati jangan sampai ada bagian yang patah atau rusak.

  • Pertama-tama- angkat bagian belakang  casing atasnya ( angkat sedikit aja dengan ketinggian sekitar 4 cm dari dudukanya) kemudian tahan dengan tangan.
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( membuka casing atas printer )
  • Masih dalam memegang bagian atasnya, lepas bagian yang diberi tanda anak panah yang berwarna hitam supaya tidak nyangkut dengan casing atas yang akan kita lepas
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( membuka casing atas printer )
  • Kemudian masih dalam keadaan memegang casing atasnya, lepas juga bagian yang di beri tanda pada gambar di bawah ini.. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati jangan sampai patah. 
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( membuka casing atas printer )
5. Langkah berikutnya adalah melepas mainboard printer. Cara melepasnya dengan membukan beberapa bautnya. Dan jangan lupa lepas juga kabel fleksibelnya dengan hati-hati.

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( buka semau batu yang diberi tanda )

6. Jika anda membongkar casing dengan tujuan hanya untuk membersihkannya, maka sampai langkah ini bisa dikatakan sudah selesai, Silahkan bersihkan printer dari serbuk toner dan kotoran lainnya. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas dan disemprot dengan kompressor. Tetapi jika anda ingin memperbaiki bagian fuser film atau pressure roll, makan lanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu membongkar bagian mekanik pemanas yang di dalamnya terdiri dari komoponen element pemanas, pressure roll, fuser film dan sensor-sensor.  Lihat bagian yang dilingkari pada gambar di bawah. Bagian itulah  yang akan kita bongkar.

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( bagian yang akan dilepas )
  • Pertama-tama lepas kabel yang berwarna merah dari bagian pemanas dengan cara menarik ujungnya ke atas kemudian lepas dari pengait-pengaitnya. 
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( lepas kabel yang berwarna merah )
  • Kemudian lepas semua kabell dari pemanas yang terhubung dengan mainboard power supply dengan cara mencabutnya dari socketnya masing-masing. Pada saat mencabut kabel ini, anda tidak perlu menghapal letak pemasangannya karena setiap kabel mempunyai socket yang berbeda-beda jadi tidak akan tertukar pada saat memasangnya kembali.

Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( melepas kabel dari socketnya )
  • Setelah itu, lepas sebuah dudukan kabel yang menempel pada bagian mekanik pemanas. Lihat pada gambar di bawah ini. Bagian yang diberi tanda anak panah adalah bagian yang harus dilepas.
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( melepas dudukan kabel )
  • Untuk langkah selanjutnya, bukalah semua baut yang mengunci bagian pemanas. Jumlahnya ada tiga buah yaitu dua buah di sebelah kiri dan 1 buah di sebelah kanan.
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( membuka baut pemanas )
  • Setelah bautnya dilepas, sekarang lepas bagian mekanik pemanas dari dudukannya dengan cara mengangkat bagian tersebut dengan perlahan.
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( melepas bagian pemanas )
  • Berikut ini gambar printer hp 1102 setelah bagian mekanik pemanasnya dilepas.
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( setelah di bongkar )
Cara Bongkar Printer Laser Jet Hp 1102
( setelah dibongkar )

Jika ada komponen pada bagian mekanik pemanas yang sudah rusak dan perlu diganti, langkah selanjutnya adalah membongkar bagian tersebut. Untuk langkah penggantian komponen pada dasarnya  hampir sama dengan langkah pada saat mengganti fuser film dan pressure roll pada printer laser jet tipe lainnya.

Baca juga :

Mungkin untuk tutorial cara bongkar printer 1102 saya cukupkan sekian, semoga bisa membantu buat anda yang sedang belajar atau baru pertama kali membongkar printer laser jet.  Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *