Cara Membongkar Printer Epson 1390

Posted on

Dalam dunia perbaikan, proses bongkar membongkar adalah sesuatu hal yang biasa terutama ketika melakukan perbaikan pada sebuah perangkat yang sistem kerjanya secara mekanik atau bersifat hardware. Begitu juga ketika melakukan perbaikan pada printer. Sebenarnya pada perbaikan printer tidak selalu harus membongkar tetapi kembali lagi kepada jenis kerusakannya. Jika kerusakan hanya sebatas error secara sofware, kita tidak perlu melakukan bongkar membongkar, tetapi jika kerusakannya adalah dibagian hardware maka mau tidak mau kita harus membongkarnya. Dan menurut saya kerusakan yang sering terjadi pada printer biasanya 90% berasal dari permasalahan seputar mekanik atau hardware. Kerusakan yang disebabkan karena ada masalah pada mekanik ini biasanya terjadi dengan gejala kerusakan seperti berikut ini.

  • Printer tidak bisa menarik kertas pada saat melakukan print
  • Terjadinya paper jam pada saat printer melakukan print
  • Terjadi fatal error atau general error
  • Printer mati total
  • Printer tidak bisa mendeteksi catridge
  • dan banyak lagi 

Sebenarnya dalam hal bongkar membongkar kita tidak memerlukan pengetahuan kusus. Menurut saya yang paling penting adalah keberanian untuk belajar dan mencoba. Dan pada kesempatan ini  sesuai judulnya “Cara Membongkar Printer Epson 1390”, saya membuat sebuah tutorial cara membongkar printer epson 1390. Sebenarnya cara membongkar printer jenis ini sangatlah mudah tetapi mungkin buat mereka yang baru mencoba akan sedikit merasa kesulitan. Oleh karena itu dengan tutorial ini semoga saja bisa membantu para pembaca yang sedang belajar memperbaiki printer ataupun sekedar ingin membersihkan bagian dalam printer kususnya printer epson 1390.  Dan di bawah ini adalah tutorial cara membongkar casing printer 1390.

——   cara membongkar casing epson 1390   ——

Pada tutorial ini saya hanya akan membahas cara membongkar casing bagian atasnya saja dan tidak secara keseluruhan. Karena menurut saya walaupun hanya casing atasnya saja yang dibongkar, itu sudah memenuhi syarat ketika kita akan melakukan perbaikan pada printer jenis ini.

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Printer Epson 1390 sebelum dibongkar

Untuk langkah pertama kita kita bongkar dulu casing bagian belakang printer. Cara membongkanya bukalah semua baut pada casing belakang printer yang jumlahnya ada 4 buah yaitu 2 buah baut pada sisi kanan dan 2 buah lagi berapa pada sisi kiri casing belakang. Gunakanlah obeng plus dengan ukuran yang sesuai dengan baut. jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar karena jika terlalu kecil atau terlalu besar dari ukuran baut, maka akan merusak baut tersebut. Untuk letak bautnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Buka baut ini

Setelah ke-empat baut pada casing belakan dibuka, sekarang masih pada casing belakang bukalah satu baut lagi pada casing belakang yang terletak tepat di tengah-tengah. Setelah itu bukalah sebuah pengunci atau segel pada casing belakang. Bagian ini mengunci casing bagian belakang dengan body printer bagian dalam sehingga jika pengunci ini tidak di lepas dulu maka casing belakang pun tidak akan bisa dilepas. Untuk cara membuka pengunci ini  bisa menggunakan obeng min (-) dengan cara mencongkelnya sampai bagian tersebut lepas. Biasanya bagian pengunci ini pengaitnya akan patah setelah kita cungkil, tetapi tidak usah hawatir karena tidak akan berpengaruh ke fungsi printer. Pengunci ini hanyalah segel. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Buka baut dan pengunci casing bagian belakang

Setelah semua baut dan pengunci casing belakang dibuka, sekarang  lepaskan bagian casing belakang yang bautnya sudah dibuka tersebut dengan cara mencungkilnya dengan menggunakan obeng (-) atau pinset  atau cuma ditarik ke belakang juga casing ini akan lepas.

Setelah casing bagian belakang sekarang kita membongkar casing pada bagian sisi kiri dan kanan printer. Caranya lepaskan casing penutup sisi sebelah kiri dan kanan tersebut dengan cara mencungkilnya dengan obeng min atau pinset, letak penguncinya ada di bawah. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikuti ini.

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Membongkar casing penutup bagian kanan

Masih pada sisi kiri dan kanan, bukalah baut pada sisi kiri dan kanan printer. Pada sisi kiri ada dua buah baut dan pada sisi kanan ada tiga buah baut ( 2 baut casing dan 1 baut tombol power )

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Bagian sisi kanan

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Bagian sisi kiri

Untuk langkah selanjutnya kita beralih ke casing bagian depan. Bukalah dua baut pada bagian casing depan yang terletak di sebelah kiri dan kanan pada bagian casing depan dengan menggunakan obeng plus.

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Buka baut bagian depan

Selanjutnya buka dua baut  yang mengunci casing bagian atas . Jumlahnya ada  empat buah yaitu 2 buah pada bagian luar di sisi kiri dan kanan dan dua buah lagi di bagian dalam dekat jalur rumah head. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan 2 gambar berikut ini.

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Buka baut bagian depan

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Buka baut yang ditandai dengan anak panah

Setelah semua langkang di atas selesai, lanjutkan dengan membuka bagian switch power yang terletak sisi kanan printer. Sebelum switch power ini dilepas, terlebih dahulu lepas kabel plexibel yang terhubung ke switch power. Saat melepas kabel plexibel tersebut, lakukan dengan hati-hati jangan sampai kabel tersebut patah atau sobek

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Lepas bagian switch

Untuk langkah terakhir, bukalah casing bagian atas printer dengan menariknya ke atas. sampai di sini anda sudah berhasil membongkar casing printer epson 1390.  Selanjutnya anda tinggal ke langkah perbaikan pada printer yang sudah dibongkar tersebut

Cara Membongkar Printer Epson 1390
Printer 1390 setelah bongkar casing

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini mengenai cara membongkar printer epson 1390 dan semoga bisa bermanfaat.
Untuk tutorial yang lainnya akan saya bahas di postingan selanjutnya… Terimakasih sudah bersedia mampir. Jangan lupa untuk like dan subscribe untuk mendapatkan update artikel dari blog ini.

Baca Juga :

7 thoughts on “Cara Membongkar Printer Epson 1390

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *