Cara Membuang Muatan Listrik pada Kapasitor [ ELCO ]Tegangan Tinggi

Posted on

Pembungan muatan listrik pada kapasitor ( Elco ) adalah langkah awal yang harus dilakukan ketika kita sedang memperbaiki Adaptor atau Power supply serta peralatan lain yang di dalamnya terdapat sebuah Elco besar dengan tegangan tinggi.  Kapasitor besar pada perangkat elekronika khususnya power supply akan menyimpan tegangan tinggi meskipun power supply tersebut dalam keadaan mati beberapa hari ( terutama power supply yang rusak ). Oleh karena itu sangat berbahaya jika kita melakukan perbaikan pada power supply tersebut tanpa membuang muatan listriknya terlebih dahulu.

Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
Elco filter tegangan tinggi

Baca juga:

Berdasarkan pengalaman memang sengatan listrik dari sebuah elco yang menyimpan tegangan listrik tersebut tidak  menyebabkan luka yang serius namun di sisi lain dengan sengatan listrik tersebut akan menyebabkan kejutan yang luar biasa yang mungkin tanpa kita sadari kita bisa melakukan tindakan lain akibat kejutan listrik tersebut misalnya melempar barang yang sedang kita pegang atau tangan kita terpental dan menyentuh benda lain yang bisa membahayakan diri kota maupun orang lain.

Sebelum kita memulai pekerjaan memperbaiki power supply atau adaptor baik itu power supply komputer, Televisi, adaptor laptop dan sebagainya, terlebih dahulu kita pastikan dulu apakah elco filter masih menyimpan muatan listrik atas tidak dengan menggunakna AVO meter.  Cara mengeceknya yaitu dengan menempatkan probe merah ke kaki positif elco dan probe hitam ke kaki negatif elco , namun sebelumnya atur dulu AVO meternya ke tegangan DC dengan skala 1000  ( harus di atas 400 v). Jika ternyata hasilnya ternyata pada elco masih terdapat muatan listrik, silahkan buang dulu muatan listriknya dengan beberapa pilihan cara berikut ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Membuang muatan listrik elco dengan menggunakan penghantar langsung.

Cara ini kita bisa menggunakan benda yang terbuat dari logam misalnya obeng atau kabel besar.

  • Siapkan sebuah obeng, tang atau sejenisnya yang bisa kita gunakan utuk mengkonsletkan kaki elco ( alat yang digunakan harus mempunyai bagian pegangan berbahan isolator )
  • Selanjutnya konsletkan kaki positif dan negatif elco dengan ujung obeng atau sejenisnya selama beberapa detik.

Cara ini biasanya akan mengeluarkan percikan api ketika kaki elco di konsletkan. selain akan menyebabkan kita terkejut, percikan api juga dapat menyebabkan bagian PCB di sekitar kaki elco akan terbakar . Oleh karena itu cara ini sangat  tidak direkomendasikan.

2.  Membuang muatan listrik dengan menggunakan resistor.

Cara yang kedua ini termasuk cara yang aman  yaitu dengan menmggunakan resistor dengan daya besar . Cara nya adalah sebagai berikut.

Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
Sumber gambar : modul pengujian komponen elektronika terjemahan masimmow
  • Siapkan sebuah resistor dengan daya besar misalnya 1,8K atau 2,2 K dengan daya 5 watt sampai  10 watt.
  • Sentuhkan kedua  kaki resistor ke kaki positif dan negatif elco beberapa detik 
  • Pada saat menyentuhkan kaki resistor lakukan hati-hati jangan sampai kita menyentuh kaki resistornya. 
  • Selesai

3. Dengan menggunakan lampu pijar. 

Membuang muatan listrik pada elco dengan lampu pijar yaitu dengan menyambungkan  dua kabel yang tersambung ke bola lampu pijar sekitar 100 watt. cara ini termasuk cara aman dan banyak digunakan oleh para teknisi elektronika.

Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
Sumber gambar : modul pengujian komponen elektronika terjemahan masimmow
  • Siapkan sebuah lampu pijar dengan daya 100 watt
  • Siapkan dua kabel dengan panjang sekitar 5-10 cm kemudian solder ke kaki lampu
  • Cara penggunaannya tinggal sentuhkan kedua ujung kabelnya ke kaki positf dan negatif elco.
  • Pada saat ujung kabel di sentuhkan ke kaki elco, lampu akan menyela beberapa detik sampai muatan listrik pada elco habis.

4. dengan menggunakan solder

Cara ini adalah cara yang biasa saya terapkan untuk membuang muatan listrik pada elco filter pada power supply.

Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
Membuang muatan listrik elco dengan solder

Cara ini juga termasuk cara yang aman dan sangat simpel menurut saya. Jika anda ingin menggunakan cara ini pada dasarnya sama saja dengan cara yang lainnya, yaitu tinggal menempelkan colokan atau steker solder ke kaki elco. Namun karena kaki steker lebih lebar dari kaki elco, sehingga kita harus harus memilih titik yang tepat untuk menempelkan kaki steker soldernya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Itulah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk membuang muatan listrik pada elco filter power supply.  Dari keempat cara tersebut silahkan pilh salah satu yang menurut anda paling mudah. Namun saya sarankan jangan menggunakan cara pada poin satu karena bisa merusak power supply yang sedang kita perbaiki.

Baca juga:

Sumber referensi  artikel:
– Pengalaman pribadi
– Modul pengujian kompoenen elektronika terjemahan Masimmow


4 thoughts on “Cara Membuang Muatan Listrik pada Kapasitor [ ELCO ]Tegangan Tinggi

  1. Mas bro boleh nanya ne… tv led LG 2 kali kena serangan kilatan petir…pertama saya coba ganti adaptor bawaan dengan yg model universal 12v,19v, 24v, dst dan tv bisa nyala…nah yg kedua ehhh kena lgi tu ma mbah petirrr…tv lngsung date…pusing lg. Bokke…tp sy penasaran cb pake adaptor puny Laptop…wes alhamdulillah masih nyala…brrti adaptor universalnya yg kena. Nah masalahnya saya coba buka ga da bau ayam bakar smua kmpnen keliatan msh prawan..coba cek pke multitester mnrt Q kyknya nyambung smua (srry coba2 mash amatir pke ampermeter)…trus kira2 apanya yah yg rusak? Kalo da video cara ngeceknya boleh dong dishare byr lebih nyata …cz msh keder cara ngecek komponennya…Thanks 4ur guide..best4U.

    1. kalau misalkan kena petir dan yg kenanya bagian power, pertama coba periksa fusenya kemudian cek varistor (pelindung dari tegangan berlebih) yang bentuknya seperti kapasitor keramik besar, terus lanjut ke pemeriksaan dioda, lanjut lagi ke TR switching. dibagian switching ini biasanya yg sering rusak adalah TRnya, elco kecil, IC pwm dan kadang juga kapasitor lainnya. kalau, kalau bagian ini tidak ada masalah lanjut lagi ke bagian sekunder. jangan lupa cek juga ic outocouplernya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *