Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

Posted on

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365 – Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas bagaimana cara mereset printer Epson seri L110, L210, L300, pada kesempatan ini saya kembali membahas cara mereset printer epson seri L yang lebih baru yaitu Epson L130 L220 L310 L360 L365. Selainnya pembahasan bagaimana cara meresetnya, anda juga bisa mendapatkan programnya yang saya bagikan secara gratis.

Apa yang dimaksud dengan Reset printer

Sedikit ulasan tentang reset  mereset printer. Mereset printer yang saya jelaskan di sini adalah cara untuk mengatasi masalah printer dimana printer tidak bisa melakukan proses print yang di tandai dengan blinking indikator tinta dan kertas secara bergantian sejak printer mulai dinyalakan serta muncul pesan Ink waste Is Full, atau Ink Pad Is At the End Of Its Service Live di komputer yang terhubung dengan printer tesebut.

Baca juga :

Peringatan Ink waste Is Full, atau Ink Pad Is At the End Of Its Service Live ini adalah suatu tanda dimana printer mendeteksi bahwa tempat penampungan pembuangan yang ada di dalam printer sudah penuh dan harus menggantinya dengan yang baru. Namun ini bukan berarti tempat pembuangan secara fisik sudah penuh karena pada dasarnya  printer tidak mendeteksi full atau tidaknya pembuangan yang ada pada printer, melainkan printer hanya menghitung  berapa besar aktivitas pencetakan yang pernah anda lakukan  dan sudah berapa besar tinta yang telah dibuang atau di cleaning oleh printer.

Berikut ini cara mengatasi Ink waste Is Full, atau Ink Pad Is At the End Of Its Service Live. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

Sebelumnya download dulu program reseternya. Untuk link download bisa ditemukan di bawah postingan. Setelah berhasil didownload silahkan extrak dulu filenya.
Untuk tahap selanjutnya silahkan buka folder hasil extrak dan klik file Epson Adjustment nanti akan muncul tampilan program reseternya. Untuk tampilannya seperti gambar berikut ini. Setelah itu silahkan klik Select

 

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365
(tampilan program reseter)
Setelah klik select, nanti akan muncul lagi jendela baru seperti berikut ini
Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365
( pilih sesuai tipe printer yang akan direset )
Pada tampilan tersebut di atas, Anda diminta untuk memilih seri printer yang akan Anda reset, disana akan muncul beberapa model yang support untuk reseter tersebut yang terdiri dari printer Epson seri L130 L220 L310 L360 dan L365.
Setelah Anda pilih seri printer, kemudian Anda pilih port, tentunya printer yang akan Anda resset terkoneksi ke komputer dan juga telah terinstall driver, cari port yang mendeteksi printer Anda, jika printer yang akan Anda resset tipe Epson L220, maka cari port USB yang mendeteksi Epson L220 lalu kemudian pilik OK. Saran saya pilih saja Auto selection nanti akan muncul tampilan berikutnya seperti berikut ini. Kemudian silahkan pilih menu Particular adjustment mode
Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365
( klik tombol adjustment mode )

Untuk selanjutnya pilih pada Waste Ink Pad Counter. kemudian klik Ok

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365
( pilih waste ink pad counter )

Pada bagian ini jangan lupa untuk memberikan tanda centang  bagian Main Pad Counter. Kemudian klik   Initialization. 

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365
( klik tombol initialize )

Nanti akan muncul jendela baru dan  silahkan langsung klik ok. Setelah itu maka akan terlihat proses resetnya, dan bisanya hanya sebentar.

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365
( klik ok )

Jika prosesnya sudah beres, nanti akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini. Silahkan langsung klik Ok kemudian restart printer yang sedang direset tersebut.

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365
( klik ok kemudian finish )

Untuk langkah terakhir, kilik tombol finish dan selesai. Printer  Epson L130 L220 L310 L360 L365 sudah berhasil anda reset. Sangat mudah bukan ….? pasti Anda bisa melakukannya”.

 

Link Unduh Program Adjustment atau reseter Epson L130 L220 L310 L360 L365

Untuk program reseter atau adjustment program, silahkan klik pada tautan di bawah ini

 

Itulah pembahasan tentang cara  reset Epson L130 L220 L310 L360 L365 yang sudah saya praktekan dan berhasil 100%. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share postingan ini. Terima kasih sudah berkunjung.

Password:

Ket: Jika link download error, silahkan reload halaman ini kemudian coba klik lagi link downloadnya

Update 7 Oktober 2017
Link sudah diperbaiki

141 thoughts on “Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

  1. ini nih yang ane cari selama ini, resetternya work bang thx,ane gak perlu bayar 50k lagi cuma buat reset doang hahaha 😀

  2. permisi gan.. mau tanya.. saya punya printer epson L365 awalnya lancar-lancar saja.. setelah teman saya iseng scan uang di kertas HVS hasil scan keluar.. tetapi setelah itu.. untuk scan KTP dan file-file lain skrng tidak keluar tinta lagi (blank paper) saya sudah berkali2 clean head tetapi tetap saja blank.. ada solusi untuk masalah ini..?

    1. sebelumnya terima kasih sudah berkunjung dan mohon maaf karena balasan komentarnya telat 🙂

      maaf gan tintanya tidak keluar sama sekali..?
      blank di sini untuk print dari hasl scan atau semua proses print termasuk prin document dari komputer… ?

      kalau misalkan blank print di semua proses print, itu disebabkan karena ada masalah pada print printnya. bisa karena catridge yang kosong, power supply yang drop atau mainboard. Tapi pada kasus mas donald kerusakan terjedi tepat setelah scan yah…? atau setelah scan uang print masih mengeluarkan tinta meskipun hanya kelaur sedikit…?

      tapi tidak ada salahnya sebelum ke tahap hardware, agan coba dulu pakai program reseter ( kalau ada ) kemudian lakukan proses backup restor eeprom )… terima kasih semoga bisa membantu

  3. Aplikasi reseternya work gan. Printer saya bisa kembali jalan. Pertanyaan saya.
    1. bagaimana qta nengetahui bantalan tinta fisiknya benar2 penuh?
    2. Dengat mereset ulang printer apakah batalan fisik itu kembali bersih atau memang hanya mereset perhitungan jumlah angka saja?
    3. Jika reset berhasil dan angka point kembali ke nol namun bantalan fisiknya benar2 penuh bagaimana mengatasinya?
    Terima kasih

    1. Sebelumnya terima kasih sudh berkunjung…

      1. Untuk mengethuinya memang kita harus membongkarnya dan kita cek secara fisik, namun biasanya untuk tipe ini tempat pembuangannya cukup besar.. untuk pemakaian normal bisa sampai beberapa tahun baru penuh. Namun jika sering di head clean tentunya akan cepat penuh. Biasanya kalau sudah penuh, maka tintanya akan meluap dan keluar dari sela-sela casing belakang bagian bawah..

      2. Hanya mereset memory pada eeprom.buka secara fisik

      3. Buang tinta pembuangannya..kemudian cuci bantalannya, keringkan dan pasang lagi. Namun lebih baik pasang saja tabung pembungan eksternal supaya lebih mudah perawatannya. Untuk pembuatannya sudah dibahas pada postingan sebelumnya…sebenarnya tabung pembuaangan bisa kita pasang sebelum tempat pembuangan penuh namun bisa merusak segel garansi

  4. Permisi gan, mau tanya.. Saya punya printer epson L 310, buat jasa sablon kaos jd pake tinta pigmen, awalnya lancar tp lama kelamaan tinta hitamnya gak keluar, jd sering di lakukan pembersihan head, sampe" ada warning waktu bantalan tinta printer sudah habis.. Akhirnya coba reset pake software yg agan kasih.. Tapi pas udah sampe proses initialize trus klik ok, langsung not responding gtuh.. Jd belum masuk tahap restart printer.. Itu knpa ya kira".. Makasih gan sebelumnya..

    1. untuk setingannya sudah benar ..? biasanya not responding itu kalau setingan select printnya ga dipilih jenis printernya… kalau masih, conba restart printer atau windowsnya

    1. pilih tombol reseter, nantiakan diarahkan ke safelink,, klik visit link, jangan lupa isi dulu captcha nya,,stelah itu tunggu 5 detik terus kli get link,, setelah itu tinggal download

  5. Wach, terimakasih sekali gan. Tutorialnya sangat berguna. Coba kalau gak ada artikel ini waktu itu, pasti printer aku sudah dibawa ke srveice center.

    Sekali lagi Terimakasih banyak

  6. Hadooooh.. Ini semua yang komen pada minta password.. Padahal pass ada di dalam file rarnya.. Silahkan dobel klik file rarnya terus lihat di jendela sebelah kiri.. Di situ ada passwordnya… 🙂

  7. Makasih bnyk gan,moga kebaikan agan dibls yg Maha Kuasa, sekalian mau tanya gan, kalo cara mengetahui bagian mobo konslet bisa ga gan?

    1. aaminn,, terima kasih kembali mas sudah ikut meramaikan blog ini.. ini untuk mobo apa mas,, mobo printer kah ? kalau mobo printer bisa diukur komponen yang dicurigai konslet .

  8. Gan, print saya saat buat print kok keluar kode-kode gak jelas gitu. Saya pakai L360 gimna cara mengembalikan biar bisa nirmal lagi. Makasih sebelumnya

    1. Printernya langsing terhubung ke PC atau pakai alat tambahan ? Kalau pakai alat tambahan seperti printer server, coba hubungkan langsung ke pc, kalau ga pakai coba pindahin ke port usb yg lain pada pc nya. Kalau masih coba lakukan backup restore eeprom pakai program adjustment (reseter )

  9. not responding mulu gan.
    sdh coba di restart untuk komp dan printer jg not responding mulu.
    ada saran ga gan ?

  10. Gan, setelah sy tekan "Initialization" nya muncul layar pertama sy tekan OK, cuman gak munul2 layar yg minta kita restart printer nya gan … Bisa bantu gan ..makasi banyak

  11. …mantap gan…terima kasih banyak ya…sukses selalu pastinya…saya sdh reset printer Epson L 310 saya…dan oke banget…langsung bisa print lagi…biasanya saya hrs bawa ke service centre atau toko…masalahnya jadi hemat waktu dan biaya pastinya gan…bravo…sukses ya…

    1. biasanya itu reseternya ga cocok dengan printernya,, misalnya reseter yg lama dipakai untuk printer yang keluaran terbaru,

  12. terimakasih banyak gan sudah berbagi….
    printer saya sudah normal dan bisa dipakai lagi…
    sekali lagi terimakasih sudah berbagi….
    semoga agan diberikan kesehatan rizki dan keselamatan….aamiin…..

  13. Terimakasih sudah berbagi info yang bermanfaat..saya merasa terbantu sekali..semoga adminnya diberikan rezki yang melimpah..amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *