Gerakan Carriage Unit Epson 1390 Error ( Rumah Head )

Posted on

Rumah head.…itulah sebutan saya untuk salah satu part ini. Pada gambar skema printer namanya Carriage Unit , cuma karena saya sering menyebutnya  dengan sebutan  rumah head karena memang bagian itu adalah tempat penempatan komponen print head…. Komponen Carriage Unit adalah bagian pada pinter yang berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk komponen Print Head, Catrigde dan komponen pendukung lainnya termasuk pembaca catridge dan sensor-sensor. Bagian ini akan bergerak ke kiri dan ke kanan sesuai yang diperintahkan dari mesin atau mainboard printer yang berfunsi sebagai otak dari printer itu sendiri.

Masih berhubungan dengan komponen yang satu ini, Beberapa waktu yang lalu saya menerima sebuah printer dari seorang user. Dia mengeluh kalau printer kesayangannya epson 1390 sering error. Sedikit saya kutip penjelasan dari user tersebut:

…”kang…. printer saya kalau ngeprin sering error, bagian headnya sering jeduk kiri -jeduk kanan ( mungkin maksudnya carried unit sering nabrak kiri kanan ), dan kalau head gerak, gerakannya gak nentu kadang cepet banget”…… 

Itu potongan kalimat yang disampaikan oleh user tersebut. Sebenarnya dia ngejelasinnya panjang lebar namun saya ambil potongan kalimat yang jadi intinya saja.  Dari keluhan tersebut saya sudah pastikan bahwa pasti ada masalah pada bagian rumah head atau Carriage Unit.

Untuk menganalisa penyebab kerusakannya, terlebih dahulu mari kita lihat bagan berikut ini.

Diagram blok mekanik Epson 1390
Diagram blok mekanik Epson 1390

Perhatikan pada bagian yang dilingkari dengan lingkaran berwarna biru, itulah komponen yang saya maksud. Pada bagian tersebut kita perhatikan kira-kira komponen apa saja yang ada pada bagian tersebut dan tentunya berhunbungan dengan proses pergerakan rumah print head tersebut. Setelah kita perhatikan maka dapat kita simpulkan beberapa komponen yang berperan dengan pergerakan rumah head. Komponen tersebut diantanya adalah sebagai berikut.

  • CR Encoder sensor
  • CR Scale
  • CR Motor
  • Kabel fleksibel
  • Mainbord sebagai pengatur utama

Itulah beberapa komponen yang kita jadikan sebagai tersangka awal. Sebenarnya ada beberapa komponen yang terdapat pada bagian tersebut seperti PW Sensor dan Print Head, namun karena komponen tersebut tidak ada hubungannya dengan pergerakan rumah head, maka saya tidak memasukannya ke daftar tersangka.

Dari beberapa komponen yang sudah kita curigai, langkah selanjutnya adalah menganalisa komponen tersebut. Dari kelima komponen tersebut kita urutkan  pemeriksannya, dengan urutan sebagai berikut. Komponen pertama yang kita periksa adalah bagian CR Scale, kemudian CR motor, CR Encoder sensor, kabel fleksibel dan terakhir adalah bagian mainbord.

  1. CR Scale. CR Scale adalah komponen yang berfungsi sebagai acuan  pergerakan rumah head. Komponen ini berbentuk seperti pita transparan yang berada pada bagian belakang rumah head. Pada bagian ini perhatikan dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel misalnya grease, tinta yang pekat dan sebagainya. Jika komponen ini tidak ada masalah maka kita lanjut ke pemeriksaan komponen lainnya.
  2. CR Motor. Komponen ini berfungsi sebagai penggerak rumah head. Untuk memeriksanya silahkan lepas timing beltnya kemudian putar rotornya dengan tangan. Pastikan putarannya tidak berat. Pada kasus ini biasanya komponen motor ini jarang jadi penyebab gerakan rumah head yang error.
  3. CR Encoder sensor. Komponen ini berfungsi membaca komponen CR Scale untuk mengatur pergerakan rumah head. Untuk memeriksanya kita harus membongar bagian rumah head terlebih dahulu sama seperti kita akan mengganti bagian PW Sensor. Pastikan pada komponen CR Encoder Sensor ini tidak ada kotoran yang menempel. Jika anda kurang yakin silahkan ganti dengan yang masih bagus. 
    Gerakan Rumah Head Epson 1390 Error
    CR Encoder Sensor
  4. Jika komponen CR scale sudah diganti atau dalam keadaan bagus tetapi masalah masih belum teratasi, langkah selanjutnya adalah menganalisa bagian kabel fleksibel yang menghubungkan CR Sensor dengan mainboard. Pastikan dalam keadaan bagus. Bagus tidaknya anda bisa mengeceknya dengan menggunakan AVO meter. atau dengan melihatnya dengan mengarahkannya ke arah lampu pastikan tidak ada korosi pada kabel fleksibel tersebut.
  5. Langkah terakhir adalah bagian mainbord. Jika ingin mempercepat pekerjaan kita bisa menggunakan mainbord lain yang masih bagus.

Dari kelima komponen tersebut pada kasus yang saya alami adalah kerusakan yang disebabkan oleh komponen CR Encoder Scale. Pada Bagian sensornya sudah terlihat sedikit tergores jadi kemungkinan pembacaan CR Scalenya kurang sempurnya sehingga menyebabkan pergerakan rumah head tidak terkendali.

Itulah langkah-langkah perbaikan yang saja lakukan untuk memperbaiki printer Epson 1390 milik user yang datang sekelumit penjelasannya. Jika ada diantara pembaca yang mengalami permasalahan yang sama, semoga tulisan ini bisa menjadi referensi dan mempercepat proses perbaikan printer yang sedang pembaca kerjakan.
Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk subscribe blog ini unutk mendapatkan update artikel blog ini. Jangan ragu dan sungkan untuk share, like dan memberikan komentar serta masukannya.

7 thoughts on “Gerakan Carriage Unit Epson 1390 Error ( Rumah Head )

  1. Mohon bantuannya mas, printer saya saat print tidak keluar sama sekali tintanya, apakah ada kemungkinan antara head & kertas ada gap/celah sehingga saat print head tidak menyentuh kertas. Sebab saat cleaning nozzle tinta keluar lancar & kadang ada tetesan tinta dikertas saat print

    1. pada saat proses print apakah kertas dan print head gerakannya normal seperti layaknya proses print dan lampu indikatornya tidak menandakan error ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *