Kelebihan Dan Kekurangan Printer Jenis Laser Dan Jenis Dot Matrik

Posted on

 Pada saat sekarang ini sangat banyak jenis printer di pasaran baik itu jenis printer laser jet, printer dot matrik, atau pun prtinter jenis ink jet dengan berbagai merek  mulai dari Epson, canon, brother, Hp dan banyak lagi tentunya dengan kualitas dan harga yang bervariasi tergantung kemampuan dan teknologi yang di miliki oleh masing-masing printer tersebut. Semakin mahal harga printer tentunya semakin canggih teknologi yang dimiliki oleh printer tersebut. Namun diantara jenis printer yang ada pasti masing-masing dari jenis printer tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan printer berdasarkan jenisnya. namun pada kesempatan ini saya hanya akan membahas mengenai printer dot matrik dan jenis laser jet.

Printer jenis Dot matrik

Menurut saya printer ini termasuk printer yang bisa di bilang printer yang sangat kuat. Baik itu dari mainboard, mekanik maupun print head. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dimiliki printer tersebut.

Kelebihan printer dot matrik

Dari segi kelebihan, printer ini termasuk printer yang bisa dikatahan printer yang kuat dan awet baik dari segi mesin maupun print head. Dari segi perawatan juga bisa dikatakan sangat mudah, kita hanya tinggal membersihkan debunya dan memberikan pelumas pada bagian mekanik termasuk gear dan as nya pada printer tersebut. Di samping itu biaya penggunaan tinta juga sangat tetjangkau dan awet karena printer ini menggunakan tinta berupa pita berbeda dengan printer laser yang menggukan tinta serbut atau jenis printer inkjet yang menggunakan tinta berupa cairan yang relatif lebih mahal. Selain itu juga printer ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis printer lainnya yaitu kemampuan mencetak pada kertas rangkap, baik kertas 2 rangkap, 3 rangkap, bahkan 5 rangkap sekalipun.

Kekurangan printer dot matrik

Disamping kelebihan, printer dot matrik juga memiliki kekurangan yang mesti kita ketahui apalagi jika kita berniat untuk membelinya.
Yang pertama adalah printer jenis ini masih memiliki kemampuan kecepatan mencetak  yang bisa di bilang sangat lambat mengingat printer ini  masih menggunakan print head dengan mekanik jarum untuk proses pencetakannya. Selain proses pencetakan yang lambat, printer ini juga mengeluarkan suara yang cukup berisik pada saat digunakan  apalagi kalau digunakan pada saat suasana hening seperti malam hari. Printer ini juga memiliki kualitas print dengan dpi yang rendah jadi  printer ini hanya bisa digunakan untuk print dokumen berupa teks saja tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar

Printer jenis laser jet

Printer laser jet adalah printer yang menggunakan jenis tinta serbuk atau disebut toner. Printer ini termasuk printer yang tanguh terutama untuk penggunaan dengan frekuensi penggunaan yang sering dan banyak  karena printer ini menawarkan kecepatan dalam proser mencetak dan kulitas hasil print yang bagus. Buat sahabat yang punya rencana untuk membelinya tentunya harus mengetahui keunggulan dan kekurangannya. Berikut ini beberapa keunggulan dan kekurangan printer jenis laser jet berdasarkan pengalaman saya.

Keunggulan printer jenis laser jet.

Sesuai ulasan sebelumnya bahwa printer jenis laser ini merupakan printer yang tangguh dalam hal pencetakan dengan frekuensi penggunaan yang sering dan pencetakan yang banyak. Printer ini bisa mencetak lebih cepat dibandingkan printer jenis ink jet apalagi kalau dibandingkan dengan printer jenis dot matrik. Selain itu juga printer ini menghasilkan hasil print yang lebih awet dan tidak luntur layaknya printer jenis ink jet. Selain itu juga printer jenis laser jet pada umumnya sudah mendukung  jaringan LAN sehingga lebih mudah ketika digunakan untuk di pakai bersama-sama  sepeti penggunaan di kantor

Kekurangan printer jenis laser jet

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekuranga yang dimiliki printer jenis laser jet.
Yang pertama, kerena printer ini menggunakan bahan serbuk untuk jenis tintanya, biasanya kerap kali terjadi kebocoran serbuk tinta sehingga bagian dalam printer akan cepat kotor dengan serbuk – serbuk tinta sehingga harus rutin dibersihkan.. Jika tidak tidak dibersihkan akan merusak bagian sensor-sensor dan bahkan bagian pemanasnya.
Yang kedua printer ini juga lebih rentan terjadi paper jam apalagi kalau printer sudah berumur lumayan lama . Selain itu printer ini juga kurang cocok untuk mencetak photo, walaupun printer laser jet menyediakan printer warna, tetapi untuk pencetakan photo biasanya hasilnya kurang memuaskan karena akan sedikit buram ( untuk printer laser jenis biasa, belum dicoba mencetak photo di jenis printer laser warna yang lebih canggih dan mahal ).

Dari penjelasan kedua jenis printer di atas yaitu printer jenis dot matrik dan printer jenis laser jet, menurut saya keduanya kurang cocok kalau untuk penggunaan di riumah. Kedua printer ini lebih cocok untuk di gunakan perusahaan – perusahaan atau perkantoran.

Demikian beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan printer dari jenis dot matrik dan printer jenis laser jet menurut pengalaman saya. Semoga artikel ini  bermanfaat buat kita semua.

2 thoughts on “Kelebihan Dan Kekurangan Printer Jenis Laser Dan Jenis Dot Matrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *