NORTHBRIDGE DAN SOUTHBRIDGE

Posted on

Pengertian Chipset

Chipset adalah sebuah komponen  yang berisi kumpulan microchip yang dirancang untuk bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Pada motherboard, fungsi umum dari chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard serta menganaliasai dan mengkonfigurasi seluruh peralatan tambahan.

Pada sebuah motherboard komputer terdapat sebuah komponen utama yang kita kenal dengan istilah chipset. Pada Motherboard komputer, komponen  chipset ini biasanya berjumlah dua buah, tetapi ada juga yang berjumlah satu buah. Untuk motherboard yang memiliki satu buah chipset bisanya jenis motherboard dengan kualitas dan fitur yang biasa saja.  Pada mainboard jenis ini bisa dikatakan fungsi dari northbridge dan southbridge digabung dalam sebuah chip. Tetapi secara umum bisanya terdapat dua buah chipset. Kedua chipset ini dikenal dengan istilah chipset  Northbridge dan chipset Southbridge. Karena merupakan komponen utama, chipset  tersebut sangat berpengaruh akan kinerja dan kestabilan dari suatu matherboard board komputer. Berikut ini contoh moterboard komputer yang menggunakan satu chipset.

(contoh motherboard dengan satu chipset)

Shouthbridge dan Northbridge

Istilah northbridge dan southbridge berawal dari kebiasaan dalam menggambar suatu bagan atau diagram pada arsitektur suatu komponen. Pada sebuah bagan atau diagram, bagian  CPU biasanya diletakkan pada bagian atas atau puncak. Kemudian pola ini diidentikan dengan pola sebuah peta dimana pada bagian atas selalu identik dengan arah utara. CPU kemudian dihubungkan dengan chipset melalui fast bridge (jalur penghubung cepat) yang terhububung langsung di bagian atas unit chipset. Itulah sebabnya bagian yang langsung berhubungan dengan CPU dikenal dengan istilah  northbridge. Bagian northbridge ini kemudian dihubungkan dengan bagian bawah unit chipset melalui slow bridge atau jalur penghubung yang lebih lambat. Unit chipset bagian bawah ini kemudian disebut dengan istilah southbridge. Jika bagian atas menyimbolkan arah utara, dengan sendirinya bagian bawah menyimbolkan arah selatan. Itulah sebabnya disebut dengan istilah southbridge.Pada sebuah matherboard,  biasanya kedua chipset ini dipasang pendingin di atasnya yang fungsinya untuk menyerap panas dari chipset sehingga bisa bekerja secara optimal  dan memperpanjang umur dari chipset tersebut.

1. Northbridge

Chipset Northbridge dikenal juga dengan nama lain yaitu  memory controller hub (MCH). Nama ini dipergunakan oleh sebuah perusaan pembuat chipset  dan processor yaitu intel. Sedangkan untuk perusahaan lainya seperti VIA dan AMD  lebih banyak menggunakan dengan  sebutan northbridge.
Northbridge memiliki peran khusus yang sangat penting dalam suatu sistem motherboard. Northbridge adalah bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan atau menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller atau pengendali video terintegrasi. Pada sistem Intel istilah integrated video controller ini disebut dengan nama Graphics and Memory Controller Hub (GMCH).
Northbridge juga berperan menentukan jumlah, type dan kecepatan CPU yang dapat dipasangkan pada motherboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan type RAM yang dapat digunakan. Setiap jenis chipset, kebanyakan dirancang hanya untuk mendukung seri prosesor tertentu saja, dengan jumlah RAM yang dapat dipasangkan bervariasi bergantung type prosesor dan desain motherboardnya sendiri.

Karena fungsinya yang menghubungkan beberapa komponen di atas itulah, northbridge sangat mempengaruhi kinerja dari sistem. Prosesor-prosesor terbaru  memerlukan northbridge yang baru juga agar dapat bekerja dengan baik. Untuk prosesor, northbridge ini sangat mempengaruhi FSB (Front Side Bus) yang didukung dan fitur yang didukung (misalnya Hyper-Threading), di samping hal-hal lain tentunya. Jadi secara garis besar fungsi dari chipset northbridge adalah sebagai berikut.

  • Mengendalikan komunikasi yang terjalin antara processor, RAM, AGP, PCI Express, dan juga southbridge.
  • Dapat melakukan pengendalian terhadap video.
  • Memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan jumlah, tipe dan juga kecepatan dari sebuah CPU atau processor yang dihubungkan ke dalam motherboard.
  • Menentukan jumlah, kecepatan dan juga tipe pada RAM yang bisa digunakan pada motherboard.

Dalam sebuah moterboard komputer chipset  northbridge ini biasanya terletak di dekat socket processor dengan memakai pendingin (heat sink) yang menempel pada bagian atasnya. Pendingin ini bertugas menyerap panas pada chipset tersebut.

2. Southbridge

Chipset berikutnya pada motherboard adalah jenis chipset southbridge. chipset  ini merupakan jenis chipset yang  mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.
chipset Southbridge ini berhubungan dengan pheriperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya  lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. Southbridge ini bisa dikatakan menangani komponen lain yang tidak ditangani oleh northbridge. Southbridge ini juga mempengaruhi kinerja sistem.
Dengan demikian jika komputer mengalami masalah pada bagian power management, keyboard tidak terdetek atau segala sesuatu yang berhubungan dengan komponen I/O, maka ada kemungkinan chipset southbridge pada komputer anda mengalami kerusakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi dari shipset southbridge adalah sebagai berikut ini.

  • Mengendalikan atau mengontrol bus IDE, USB, keyboard, mouse dan kontroler terhadap komponen plug and play.
  • Mengendalikan fitur power management
  • dll. 

Dalam sebuah moterboard komputer, chipset southbridge biasanya terletak disekitar port sata/IDE,pin panel depan . Biasanya chipset ini ada yang memakai pendingin tapi ada juga yang tidak memakai pendingin.

    (contoh motherboard dengan 2 chipset, southbridge dan nortbridge)

    Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai pembahasan chipset northbridge dan chipset southbridge, semoga dengan  ini kita bisa menambah pengetahuan kita di dunia komputer dan selain itu akan mempermudah dalam menganalisa kerusakan pada  yang terjadi pada motherboard komputer.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *