Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series – J110a

Posted on

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series – J110a – Printer hp deskjet 1000 ini adalah printer yang digunakan untuk keperluan rumah atau kantor yang pemakaiannya tidak terlalu berat. Printer hp deskjet ini sama seperti printer hp dan canon pada umumnya yaitu menggunakan catridge yang langsung menyatu dengan print head. Secara aturan satu catridge yang digunakan sebenarnya hanya untuk 1 kali pemakaian. Jadi ketika nanti tintanya habis kita harus membeli catridge yang baru. Tetapi aturan itu tidak berlaku untuk negara tercinta kita ini.  Bebagai cara dan trik pun muncul untuk menyiasati bagaimana supaya pemakaian tinta bisa awet sehingga bisa menekan biaya pengeluaran. Salah satu cara untuk menghemat biaya pembelian catridge baru adalah dengan mengisi ulang tinta pada catridge sesuai dengan warnanya. Pengisian tintanya dilakukan dengan cara menyuntikan tinta pada catridge yang tintanya sudah habis.

Baca juga:

Pengisian tinta dengan cara menyuntikan tinta pada cartidge mengunakan suntikan ternyata kurang efektif terutama untuk para user atau pengguna printer yang sedikit malas untuk melakukan pengecekan apalagi mengisi tinta yang tentunya kemungkinan akan menyebabkan tangan belepotan dengan tinta.

Untuk menjawab permasalahan tersebut di sini technodand akan membuat sebuah tutorial bagaimana cara yang dapat kita lakukan supaya printer canon khususnya deskjet 1000 tidak cepat habis tintanya. Cara yang akan akan dijelaskan di sini adalah dengan tehnik infus seperti halnya pada printer epson seri L. Dengan sistem infus ini pengisian tinta tidak lagi disuntikan pada catridge namun disediakan tabung khusus untuk menampung tinta. Tinta yang ada pada tabung ini akan terus mengalir ke bagian catridge sehingga catridge tidak akan mengalami kekosongan.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a

Sebelum ketahap modifikasi pemasangan infus pada printer hp deskjet 1000, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu mengenai kekurangan dan kelebihan dari pemasangan infus pada printer ini.

Kekurangan dan kelebihan pasang Infus pada printer

Ternyata pemasangan infus pada printer memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan baik untuk printer hp, canon, maupun printer epson khususnya printer yang dimodifikasi atau bukan printer yang menggunakan infus bawaan pabrik. Berikut ini ada beberapa poin yang harus kita ketahui dan kita pertimbangkan sebelum memodifikasi printer printer menjadi printer infus.

Kelebihan :

  • Tinta tidak akan cepat habis
  • Isi ulang tinta menjadi lebih mudah karena tabung tinta berada di luar, sehingga pengisian tinta bisa dilakukan siapa saja tanpa harus meminta bantuan tenaga profesional
  • Tidak pelu ketakutan habis tinta pada saat printer digunakan untuk print dalam jumlah banyak
  • Mengurangi pengeluaran biaya karena pembelian catridge
  • Meminimalisir keruskan catridge karena disebabkan bongkar pasang catridge pada saat pengisian tinta
  • Pemeriksaan tinta lebih mudah karena berada diluar, dengan demikian kita bisa mengetahui jumlah tinta yang masih tersedia

Kekurangan :

  • Menghanguskan garansi terutama untuk printer yang masih dalam masa garansi
  • Kemungkinan terjadinya error akan lebih sering terutama jika pemasangan tinta kurang tepat
  • Printer harus digunakan cera rutin. Printer yang sudah dimodifikasi menggunakan infus harus rutin digunakan karena jika jarang digunakan karena jika jarang digunakan maka kemungkinan akan mempercepat kerusakan pada catridge.

Baca juga:

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dari kedua poin diatas mengenai kekurangan dan kelebihan menggunakan sistem infus maka kita bisa mengambil pilihan berdasarkan tingkat kebutuhan kita menggunakan printer. Jika kita jarang menggunakan printer maka kami sarankan untuk tidak melakukan modifikasi printer Anda menjadi sistem infus. Namun jika printer sering digunakan dan digunakan untuk print dalam jumlah banyak maka printer Anda lebih cocok untuk dimodifikasi menggunakan sistem infus.

Jika Anda sudah memutuskan untuk memodifikasi printer Anda menggunakan sistem infus khusunya printer hp deskjet 1000, maka silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series – J110a

Sebelum proses modifiksi, silahkan siapkan terlebih dahulu beberapa bahan dan alat yang akan kita gunakan seperti berikut ini.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk infus printer hp

  1. Unit printer yang akan dimodifikasi
  2. Cartidge
  3. Tinta 4 warna masing-masing 80 ml
  4. Tabung tinta infus satu set dengan selang, karet knee untuk cartidge dan sambungan atau disebut knee L
  5. Cuter
  6. Solder asis yang lancip
  7. Paper clip
  8. Obeng bintang T10
  9. Mata bor ukuran 3,5 mm
  10. Dumper ( untuk hasil lebih maksimal )

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Alat yang diperlukan

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, selanjutnya kita ke tahap modifikasi. Silahkan buka cover atas printer. Untuk membuka cover printer hp deskjet 1000 series ini yaitu dengan membuka 4 baut penguncinya yang terletak 2 buah didepan dan 2 buah dibelakang. Untuk membuka baut ini Anda harus menggunakan obeng bintang ukuran T10. Untuk posisi bautnya bisa diperhatikan pada gambar berikut ini.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Lokasi baut penguncu cover atas printer

Langkah selanjutnya adalah memodifikasi catridge. Catridge printer ini mengunakan tipe catrdige dengan kode 802. Lepas catridge dari dudukannya kemudian lapisi bagian nozzle dan pin belakangnya menggunakan plastik atau lakban untuk mencegah tergores pada saat proses modifikasi.

 

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Lapisi bagian nozzle dengan pengaman

Setelah catridge dirasa cukup aman, selanjutnya lepas bagian stiker penutup catridge.

 

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Lepas stiker penutup catridge

Setelah stikel dibuka, maka akan terlihat ada beberapa lubang pada catridnya. Lubang yang ditengah adalah lubang tinta yang nantinya kan kita gunakan untuk jalur supply tinta dari tabung tinta eksternal. Kemudian lubang yang berada dipingirnya yang berjumlah 4 buah adalah lubang untuk udara. Pada tahap ini lakukan modifikasi pada bagian catridge yaitu dengan meperbesar kelima lubang tersebut. Untuk lubang udara, Anda boleh memperbesarnya atau tidak juga tidak apa-apa.

Penting: Jika Anda akan mengguanakan penutup lubang udara dengan menggunakan bahan seperti technodand, maka lubang udaranya harus diperbesar menggunakan mata bor 3,5 mm

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Pebesar lubang catridge dengan mata bor

Untuk lubang udara silahkan gunakan karet penutup pada catridge yang biasa terdapat pada catridge milik printer Epson. Namun jika Anda tidak memiliki karet penutup catridge, Anda bisa menutup lubang udara menggunakan lem tembak ( sering disebut lem bakar ) .

Untuk catride tipe ini memerlukan lubang udara pada catridgenya oleh karena itu silahkan lubangi penutup lubang udara dengan menggunakan jarum. Namun jika menggunakan karet penutup catridge, Anda hanya cukup memotong karet penutupnya setengah bagian sehingga karet penutupnya menjadi ada lubangnya.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Karet penutup catridge

Selanjutnya tutup lubang udara dengan menggunakan penutup catridge yang sudah dilubangi pada tahap sebelunya. Untuk karet yang dilubanginya cukup 1 karet aja. Namun jika Anda menggunakan lem tembak, Anda bisa melubanginya dengan menggunakna jarum. Pada tahap ini jangan lupa juga untuk memasang karet knee Lnya

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Catridge setelah dipasang karet penutup dan karet knee

Setelah modifikasi catridge warna hitam sudah selesai langkah selanjutnya adalan modifikasi catridge yang warna. Pada catridge ini sedikit berbeda dengan catridge warna hitam. Dimana pada catridge warna ini terdapat 5 lubang yang susunannya berbeda dengan catridge hitam. Dari 5 lubang tersebut 3 lubang adalah lubang pengsian tinta warna merah, kuning dan biru, kemudian sisanya yang 2 lubang adalah lubang udara. Dengan demikian lubang udaranya menjadi kurang 1 yaitu lubang udara untuk warna merah.  Seperti pada langkah sebelumnya, silahkan perbesar lubang tinta dan udaranya dengan menggunakan mata bor.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
catride hp

Selain memperbesar lubang yang sudah ada, Anda juga harus membuat lubang satu lagi untuk lubang udara untuk tint awarna merah. Silahkan lubangi bagian yang diberi tanda anak panah seperti pada gambar dibawah ini. Selanjutnya pasang karet penutp lubang udara dan karet knee Lnya. Untuk karet penutup lubang udara, silahkan lubangi seperti pada catrdige warna hitam.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Pasang karet penutup lubang dan karet knee L

Sekarang adalah waktunya pemasangan selang infusnya. Untuk pemasang selang tinta atau selang infus, lakukan dengan hati-hati supaya tinta tidak tertukar. Usahakan warna tabung tinta harus sesuai dengan lubang tinta pada catridge supaya terhindar dari kesalahan pengisian tinta warna.

 

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Pemasangan selang tinta pada catridge

Jika selang sudah terpasang dengan baik, Selanjutnya pasang cartidge pada rumah catridge kemudian lanjutkan dengan proses selanjutnya.

Buatlah lubang pada pojok atas kiri rumah catridge. Perhatikan pada gambar dibawah ini kemudian buatlah lubang seperti pada gambar. Untuk membuat lubang seperti ini gunakan solder asis yang tajam atau juga bisa menggunakan mata bor yang kecil.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Buat lubang pada rumah catridge

Siapkan sebuah paper clip

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Paper clip untuk pengait selng infus

Kemudian jadikan paper clip seperti pada gambar di bawah ini. Pada tahap ini sebenarnya tidak harus 100% sama persis. Yang paling penting adalah selang bisa tertahan dan sedikit menekuk kebawah. Jika selang tidak menekuk ke bawah kemungkinan selang akan rentan nyangkut atau melipat pada saat rumah catridge bergerak. Begitu juga jika selang terlalu menekuk ke bawah kemungkinan selang akan sering nyangkut. Jadi pada tahap ini sesuiakan sebaik mungkin.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Modifikasi paper clip

Untuk tahap selanjutnya buatlah penyangga untuk selang infus seperti pada gambar dibawah ini. Untuk penyangganya bisa menggunakan apa saja namun pada contoh di sini kami menggunakan penyangga selang infus yang khusus digunakan untuk pemasangan selang infus. Jika ingin penyangga seperti ini Anda bisa membelinya di toko spare part printer

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Pasang penyangga untuk selang infus

Untuk peletakan penyangga selang ini posisikan seperti pada gambar contoh dibawah ini. Menurut kami posisi seperti pada gambar adalah posisi yang pas untuk mencegah selang nyangkut pada saat rumah catridge bergerak. Ingat harus sama ya.. ..

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Letak penyangga selang infus yang tepat

Setelah pemasangan penyangga selang, selanjutnya lakukan pengetesan apakah rumah bisa bergerak bebas ke kiri dan ke kanan dengan lancar tanpa menyebabkan selang nyangkut. Untuk tahap ini perhatikan panjang selang dari mulai penyangga selang sampai rumah catridge. Usahakan jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek. Untuk mendapatkan panjang yang pas, Anda bisa mencoba mengeserkan rumah catridge ke kiri dan kekanan sambil mengatur panjang selang sampai rumah catridge bergerak bebas tanpa menyebabkan selang nyangkut.. Pada tahap ini juga Anda bisa menambahkan penyangga selang lainnya ( pada percobaan ini kami menggunakan paper clip sebagai penyangga tambahannya )

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Pasang penyangga selang tambahan

Jika Anda mesara kesulitan menentukan jarak atau panjang selang dari penyangga selang ke rumah catridge, Anda bisa mengambil acuan atau patokan seperti gambar berikut  ini.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Posisi ketinggian selang ketika catridge bergeser

Pehatikan tinggi selang pada saat rumah catridge di posisi sepeeti pada gambar di atas terhadap permukaan dasarnya. Ukuran seperti di atas termasuk ukuran yang paling pas berdasarkan beberapa kali percobaan yang kami lakukan.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Setelah pemasangan selang berhasil, langkah selanjutnya silahkan isi tinta pada tabunh tinta yang sudah terhubung ke selang infus. Jika pengisian selang sudah selesai, silakan posisikan tabung tinta lebih tinggi dari posisi rumah catridge. Langkah ini tujuannya supaya tintanya mengalir ke catridge dan mengisi seluruh bagian selang infus. Tunggu beberapa saat sampai tinta mengalir ke bagian catridge. Selain cara ini Anda juga bisa menggunakan vacum untuk menyedot tinta supaya mengalir ke bagian catridge.

Penting: Pada saat pengisian tinta, jika tabung tinta yang Anda gunakan sama sepeti pada contoh, maka pada saat pengisian tinta, tutup lubang tabung tinta yang kecil harus dalam keadaan ditutup, isilah tinta melalui lubang tabung yang besar, kemudian setelah tinta penuh silahkan tutup lubang tabung tinta yang besar kemudian tutup tabung yang kecil dibuka

Jika Anda memiliki tabung dumper, pasanglah dumper setelah tabung tinta dan letakan berdekatan dengan tabung tinta tersebut. Dumper ini berfungsi untuk mengalirkan tinta secara satu arah yaitu dari tabung tinta mengalir ke catridge dan mencegah tinta yang sudah mengalir ke bagian catridge kembali lagi ke tabung tinta.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Mengalirkan tinta ke bagian catridge

Setelah pengisian tinta, sekarang buatlah lubang pada casing printer dan pada bagian cover atasnya seperti pada gambar dibawah ini menggunakna pisau cuter. Untuk ukuran lubangnya sesuaikan dengan ukuran selang infus.

Cara Pasang Infus pada Printer Hp deskjet 1000 series - J110a
Buat lubang pada casing printer untuk selang infus

Langkah terakhir pasang penutup printer atau cover atas printer. Pada saat pemasangan cover atas, posisikan selang infus pada lubang yang telah kita buat pada langkah sebelumnya. Setelah  itu baut kembali cover atas printer seperti semula. Untuk tabung tinta supaya tidak tumpah, silahkan tempelkan pada bagian sisi printer dengan menggunakan dobel tape.

Setelah selesai jangan lupa untuk dilakukan pengetesan apakah printer bekerja normal ketika digunakan untuk print  dan pastikan selang infus tidak nyangkut pada saat rumah catridge bergerak.

Mungkin itu saja yang dapat  kami sampaikan mengenai cara modifiksai printer hp deskjet 1000 menjadi printer dengan sistem infus. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *