Printer Epson 1390 General Error “Cannot CR Unlock Error”

Posted on

Kembali lagi saya membuat potingan tentang general error pada printer epson 1390. Pada judulnya sengaja saya samakan dengan postingan sebelumnya namun saya cantumkan juga jenis errornya. Judulnya hampir sama dengan postingan sebelum-sebelumnya karena memang seperti yang kita tahu bahwa error yang terjadi pada printer ini sangat banyak sekali penyebabnya. walapun demikian indikator yang ditamplkan pada printer semuanya sama yaitu berupa berkedipnya lampu indikator tinta dan kertas yang berkedip cepat dan bersamaan. Berbeda dengan dengan printer canon yang biasanya ketika terjedi error maka printer tersebut akan menunjukan kode error yang berbeda-beda untuk setiap jenis errornya.

Karena Pada printer epson kode errornya hanya berupa indikator yang berkedip tanpa memberitahu letak kerusakannya, maka untuk mengakalinya kita bisa mengunakan salah satu progran yang sangat penting untuk printer merek epson ini. “Ajustment program atau rester …” pasti para pengguna printer epson sudah tidak asing lagi dengan salah satu program ini. dengan program ini kita bisa mengetahui letak penyebab error dengan mudah. Namun tentunya dengan menganalisa semua pergerakan yang terjadi pada printer sebelum printer tersebut mengalami error. Setelah itu kita gabungkan dengan hasil analisa dari penggunaan program rester.

Kita kembali ke topik permasalahan ,,, sesuai judulnya “printer epson 1390 general error  cannot cr lock “.. Error “Cannot CR unlock error” adalah salah satu dari sekian banyak jenis error pada printer 1390. Error ini bisanya terjadi pada printer mulai dinyalakan, atau sesaat sebelum printer standby. Error “Cannot CR unlock error” biasanya disebabkan karena ada kerusakan pada mekanik pompa pembuangan yang berada tepat di bawah print head pada sisi sebelah kanan. Kerusakan yang sering terjadi pada mekanik pompa pembuangan ini biasanya berupa rusaknya gear, atau ada per yang patah. Berikut ini beberapa gejala yang biasanya terjadi apabila ada kerusakan pada bagian mekanik pompa pembungan yang menyebabkan general error.

  • Pada saat printer dihidupkan, maka seperti biasa rumah catridge akan bergerak seperti biasa ke kiri dan ke kanan namun ketika printer akan standby, akan terjadi blinking general error
  • Pada saat printer mengalami blinking biasanya rumah catridge tidak akan terkunci, sedangkan pada printer normal seharusnya rumah catridge dalam keadaan terkunci
  • Pada beberapa kasus terdengar suara keras seperti ada gesekan gear di sekitar pompa pembuangan.
  • Blinking terjadi pada saat proses head cleaning sesaat setelah printer dihidupkan.
  • Jika dilakukan pengecekan dengan menggunakan program rester biasanya muncul informasi “Cannot CR unlock error” pada menu printer information check.

Dari semua gejala di atas, biasanya gejala yang paling sering terjadi adalah tidak terkuncinya rumah catridge pada saat printer akan standby dan setelah itu diikuti dengan blinking indikator tinta dan kertas secara besamaan.

Untuk mengatasi kerusakan ini pertama yang harus dilakukan adalah pengecekan dengan menggunakan program rester, jika ternya sesuai dengan dugaan kita maka lakukanlah perbaikan pada bagian mekanik pompa pembuangan.

Printer Epson 1390 General Error  "Cannot CR Unlock Error"
Error yang muncul pada program Ajustment

Jika gejala yang muncul sama seperti yang dijelaskan di atas, langkah pertama adalah membongkar caring printer. Pada perbaikan komponen ini, casing yang harus dibongkar adalah semuanya yaitu casing pinggir, casing atas, casing belakang ,dan casing bawahnya. Setelah itu kita fokus pada bagian mekanik pompa pembuangan. Kemudian bongkar bagian mekanik pompa pembuangan dengan langkah berikut ini.

  • Buka baut pengunci yang terdapat pada bagian atas. Gunakan obeng plus untuk membukanya. Untuk letak bautnya bisa dilihat pada gambar berikuti ini.
Printer Epson 1390 General Error
Buka baut yang diberi tanda
  • Untuk langkah berikutnya silahkan buka dua baut seperti pada gambar di bawah ini.
Printer Epson 1390 General Error
Buka baut yang diberi tanda
  • Kemudian buka juga baut pengunci yang terletak di sebelah sisi kanan. Setelah itu buka plat besi yang berada di depan pompa, tujuannya supaya tidak menghalangi pompompa pembuangan pada saat dilepas dari dudukannya. Letak baut yang saya maksud bisa dilihat pada gambar berikut ini.
Printer Epson 1390 General Error
Buka baut yang diberi tanda
  • Sekarang kita fokus pada bagian belakang. Silahkan buka baut pengunci pompa yang berada pada bagian belakang pompa.
Printer Epson 1390 General Error
Buka baut yang diberi tanda
  • Masih pada bagian belakang pompa. Silahkan lepas salah satu baut yang ditandai seperti pada gambar dibawah ini.
Printer Epson 1390 General Error
Buka baut yang diberi tanda
  • Untuk langkah terakhir, silahkan lepas bagian pompa pembuangan ini dari dudukannya dengan cara mengangkat body printer sebelah kanan, kemudian tarik pompa pembuangan ke bawah sambil sedikit ditarik ke depan. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Jika pompa pembuangan sudah berhasil dilepas, silahkan bersihkan dulu permukannya dari tinta supaya kita lebih leluasa membongkar dan memperbaikinya.

Setalah pompa pembuangan dilepas dari dudukannya serta dibersihkan, langkah selanjutnya silahkan bongkar pompa pembuangan tersebut, kemudian perhatikan semua komponen yang ada didalammnya. Untuk cara membongkarnya bisa dikuti seperti pada gambar berikut ini.
Buka semua baut pada pompa pembuangan. Untuk letak bautnya perhatikan pada gambar berikut. Bongkar semua baut yang tandai dengan lingkaran.

Printer Epson 1390 General Error
pompa pembuangan

Setelah bautnya dibuka, kemudian bongkar pompa pembangan tersebut. Lihat pada gambar di bawah ini. Bagian yang diberi linkaran adalah letak bagian yang sering mengalami kerusakan.

Printer Epson 1390 General Error
Setelah dibongkar

Perahatikan apakah ada bagian seperti gear dan yang lainnya yang terlepas dari dudukannya..? Perhatikan juga salah satu per yang berfungsi untuk menaik-turunkan pengunci rumah catridge. Berdasarkan pengalaman, per ini sering patah dan menyebabkan pompa tidak bekerja secara normal. Namun jika kebetulan anda mempunyai printer 1390 yang lainnya, anda bisa mencoba pompa pembuangan dari printer tersebut  untuk memastikan bahwa kerusakan berasal dari pompa pembuangan.

Itulah cara untuk mengatasi genral error yang disebabkan karena ada kerusakan pada bagian pompa pembuangan. Sangat mudah bukan,,, ? Inti dari pebaikan printer adalah kita harus bisa menganalisa semua pergerakan printer mulai dinyalakan sampai terjadinya general error,,terjadi pada saat printer melakukan proses apa sehingga terjadi general error dan terakhir silahkan analisa komponen apa saja yang berperan pada proses tersebut. Setelah itu bantu dengan menggunakan program reseter untuk mengetahui jenis errornya. Dengan demikian kita akan mudah untuk menemukan penyebab kerusakan general error dan memperbaikinya.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih kepada pembaca karena telah mengunjungi blog sederhana ini dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar pada tempat yang sudah disediakan. Semoga postigan ini bermanfaat buat para pembaca semuanya.

9 thoughts on “Printer Epson 1390 General Error “Cannot CR Unlock Error”

  1. Saat printer dijalankan catridge sama sekali tidak berjalan dan langsung kedip merah dua tombol. Kemudian saya cek di reseter terdeteksi CR motor error. Saya ganti dinamo timing bel sesuai diagram blok tpi tetap saja error. Kemudian saya coba bongkar pompa sesuai petunjuk. Masih juga sama… Browsing di online harganya cukup mahal.
    Apakah ada kemungkinan dinamo pompa yang rusak? Mohon pencerahannya

    1. dioda pompa biasanya jarang rusak mas,, memang pesan error pada reseter tidak bisa 100% akurat,,
      printer langsung blink dan tidak gerak dulu sejak mulai dinyalakan kemungkinan kerusakannya banyak. kalau untuk pompa biasanya kerusakannya tidak bisa ngunci ( blink lampu ), ngunci terus (blink lampu), tidak bisa menyedot tinta,

    1. Kalau baru biasanya tintanya masih belum turun, coba di inkcharge menggunakan program adjuament (reseter) ludian coba cek nozzle lagi. Kalau masih ada yg bolong, coba diamkan selama 3 jam sampai tinta turun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *