Printer Epson Stylus Photo 1390 Tinta tidak terdeteksi [ chip tidak terdetek ]

Posted on

Printer Epson stylus photo 1390 tinta terdeteksi – adalah jenis kerusakan yang biasa terjadi pada printer epson 1390 ini. Secara teknis memang sebenarnya bukan tintanya yang tidak terdeteksi namun yang tidak terdeteksi adalah  bagian chip yang ada pada catridge tempat penampungan tinta. Kerusakan atau error tidak terdeteksinya tinta ini bisa terjadi pada printer yang menggunakan catridge original maupun yang sudah menggunakan tinta dengan sistem infus, serta untuk printer epson 1390 yang sudah dimodifikasi menjadi printer DTG atau Direct to Garmen yang digunakan untuk mesin sablon pada kain

 

Gejala yang muncul pada printer Epson 1390 tinta tidak terdeteksi

 

Pada saat printer epson 1390 tinta tidak terdetek, pasti akan muncul pesan atau indikator baik pada indikator yang ada pada printer maupun pada komputer yang terhubung ke printer yang mengalami error tersebut. Berikut ini adalah beberapa gejala, ciri, atau indikator yang muncul pada saat tinta tidak terdeteksi pada printer epson 1390.

  1. Lampu indikator tinta pada printer akan menyala terus. Lampu indikator ini terletak di atas tombol power. Jika tinda tidak terdeteksi, maka lampu ini akan menyala.
  2. Akan muncul pesan error pada komputer pada saat melakukan proses print. Pesan ini berupa pop up yang mucul di layar komputer dan menunjukan tinta mana saja yang tidak terdeteksi serta biasanya ada perintah untuk mengganti catridge atau replace catridge. Tinta yang tidak terdeteksi ditandai dengan tanda silang.
  3. Karena tinda tidak terdeteksi, maka printer tidak akan bisa digunakan untuk proses print.

Jenis kerusakan tidak terdeteksi ini berdasarkan pengalaman, ada dua jenis kerusakan yaitu:

  • Tinta tidak terdeteksi sebagian  atau semua namun bersifat sementara dan bisa direset
  • Tinta tidak terdeteksi sebagian  atau semua dan tidak bisa direset

 

Tinta tidak terdeteksi pada Printer Epson 1390 yang bersifat sementara dan bisa direset

 

Kondisi ini sebenarnya bukan merupakan suatu kerusakan namun suatu keadaan dimana level tinta yang sudah dikeluarkan oleh catridge sudah memcapai maksimum dan perlu dilakukan reset atau mengembalikan level tinta ke nila 0.

Untuk mengatasi tinta tidak terdeteksi pada kondisi ini cukup mudah yaitu dengan cara mereset catridge ( untuk printer dengan sistem infus ). Pada catridge printer dengan sistem infus biasanya memiliki tombol pada bagian atasnya. Tombol itulah yang bisa kita gunakan untuk reset catridge supaya terdeteksi lagi tintanya.

Printer Epson Stylus Photo 1390 Tinta tidak terdeteksi [ chip tidak terdetek ]
Reset chip catridge

Jika kita melihat indikator tinta pada status monitor di komputer yang terhubung ke printer  dan terlihat tinta sudah habis atau tinggal sedikit, Sebenarnya itu bukan keadaan sebenarnya. Indikator itu hanyalah tingkat level yang sudah dicatat atau disimpan oleh memory catridge. Dengan demikian jika tinta pada status monitor sudah habis, belum tentu secara fisik tinta pada tabung juga sudah habis. Begitu juga sebaliknya, jika kita mengisi tinta pada tabung tinta, maka tidak akan berpengaruh pada level tinta di status monitor.. 

Untuk cara mengembalikan level tinta ke nilai 0 atau reset, silahkan bisa simak pada artikel ini.

Perbaikan Printer Epson Tinta Tidak Terdeteksi

 

Tinta tidak terdeteksi sebagian  atau semua dan tidak bisa direset

 

Untuk kasus tinta tidak terdeteksi pada printer Epson 1390 yang tidak bisa direset adalah kerusakan yang diakibatkan karena ada komponen hardware yang mengalami kerusakan.

Jenis keruskan ini bisa disebabkan karena komponen sudah lama, ataupun karena faktor lain misalnya karena tinta banjir, atau karena kesalahan user pada saat perawatan printer.

Adapun komponen yang bisa menyebabkan tinta tidak terdeteksi dan tidak bisa direset adalah:

  • Chip catridge
  • Board CSIC atau modul yang berada tepat di belakan chip catridge
  • Kable fleksibel
  • Mainboard

Dari semua komponen di atas gejalanya bisa dikatakan semuanya sama jadi untuk menganalisa dan memperbaikinya harus dilakukan dengan cara bertahap yaitu dimulai dengan pemeriksaan chip catridge, Board CSIC, Mainboard , dan terakhir kable fleksibel.

 

Tinta tidak terdetek karena chip catridge rusak

 

Untuk memperbaiki kerusakan ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan bagian pin-pin pada board chip catridge ini dengan menggunakan penghapus atau sejenisnya. Jika pada chip catridge ini terlihat basah atau lembab, segera cuci dengan menggunakan sabuh dan air bersih setelah itu keringkan. Setelah kering silahkan lakukan pengecekan apakah tinta sudah tedeteksi..

Setelah chip dibersihkan biasanya pada awalnya tinta tinta tidak akan terdeteksi semua. Jika demikian segera lakukan reset pada chip catridge tersebut seperti langkah  sebelumnya.  Pada langkah perbaikan ini ada 3 kemungkinan yaitu:

  1. Tinta tidak terdeteksi semua namun bisa direset. Dengan demikian bisa disimpulakn bahwa penyebab tinta tinta tidak terdeteksi dan tidak bisa direset dikarenakan catridge kotor, lembab, atau basah. Kasus terselaikan
  2. Tinta tidak terdeteksi sebagian dan  meskipun sudah direset tidak membuahkan hasil. kondisi ini mempunyai 2 kemungkinan yaitu: Chip catridge rusak atau board CSIC bermasalah. Jadi untuk mengatasinya yaitu dengan mencoba mengganti dengan chip catridge lain yang masih bagus. Jika setelah penggantian chip catridge, tinta masih tidak terdeteksi sebagian berati masalah ada pada modul board CSIC.
  3. Tinta tetap tidak terdeteksi semuanya. Pada kondisi ini kemungkinan yang mengalami kerusakan adalah bagian chip catridge, modul CSIC, Mainboard, atau kabel fleksibel. Jadi langkah pertama perbaikan adalah dengan mencoba mengganti chip catridge terlebih dahulu. Jika setelah penggantian chip catridge, tinta msih tidak terdeteksi semuanya maka dapat disimpulkan bahwa kemungkinan kerusakan ada pada komponen lain yaitu modul CSIC, mainboard atau kabel fleksibel

 

Tinta tidak terdetek karena Modul CSIC

 

Setelah tahap pengecekan chip catride dan disimpulkan bahwa kerusakan bukan dari chip catridge, maka langkah selanjutnya adalah pengecekan bagian modul CSIC. Modul CSIC ini letaknya tepat dibelakang chip catridge yang fungsinya untuk membaca chip catridge. Kerusakan apada bagian ini gejalanya sama denga kerusakan pada bagian chip catridge yaitu tinta tidak terdeteksi semua atau tidak terdeteksi sebagian. adapun penyebab kerusakan pada bagian ini biasanya karena tersiram oleh tinta, lembab, berkarat, atau konslet

Untuk  langkah perbaikan pada bagian ini anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini.

  1. Bongkar modul CSIC dengan mengguanakan pengait khusus ( anda bisa membuatnya sendiri )
  2. Bersihkan bagian board CSIC dan pin-pinya dengan menggunakan penghapus atau lap kering . jika terlihat lembab atau basah, silahkan bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air bersih.
  3. Setelah semuanya bersih silahkan lakukan pengetesan apakah tinta sudah terdeteksi
  4. Jika terlihat modul CSIC konslet misalnya terlihat ada komponen yang terbakar, segera ganti dengan modul CSIC yang masih bagus.

 

Printer Epson Stylus Photo 1390 Tinta tidak terdeteksi [ chip tidak terdetek ]
modul CSIC dan kunci untuk melepasnya

Setelah proses di atas yaitu membersihkan bagian modul CSIC, hasilnya bisa terbagi menjadi beberapa kemungkinan:

  1. Tinta tidak tedeteksi sebagian. tidak terdeteksi tinta pada tahap ini bisa karena chip catridge minta reset atau modul CSIC yang sudah rusak. Jadi cara analisanya yaitu dengan cara reset chip catridge terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika setelah dilakukan reset chip catridge namun sebagian tinta masih tidak terdeteksi, berarti yang mengalami kerusakan adalah bagian modul CSIC. Langkah selanjutnya silahkan ganti dengan Modul CSIC dengan yang masih bagus
  2. Tinta tidak terdeteksi semuanya.. Penyebabnya bisa karena chip catridge minta reset,  modul CSIC rusak, maiboard rusak, atau kabel fleksibel rusak. Untuk analisanya sama seperti langkah sebelumnya yaitu dengan reset chip catridge telebih dahulu. Jika tinta masih tidak terdeteksi semuanya selanjutnya coba ganti board SCIC. namun jika setelah mengganti Board CSIC tinta masih tidak terdeteksi, berarti dapat disimpulkan bahwa kerusakan ada pada bagian  mainboard atau kabel fleksibel.

 

Tinta tidak terdetek karena Mainboard

 

Tinta tidak terdeteksi semuanya juga bisa disebabkan karena ada masalah pada bagian mainboard.. Pengecekan mainboard ini bisa dilakukan setelah anda melakukan pengecekan pada bagian chip catridge dan modul CSIC atau anda langsung melakukan pengecekan mainboard setelah pengecekan chip catridge jika kerusakannya adalah tinta tidak terdeteksi semuanya.

Pengecekan pada bagian mainboard untuk mengatasi keruskan tinta tidak terdeteksi semuanya ini bisa dikatakan cukup gampang.. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Lepas casing penutup bagian belakang atau dengan membongkar semua casingnya.
  2. Setelah itu lepas semua kabel yang terhubung ke mainboard
  3. Lepas mainboard dari dudukannya
  4. Langkah terakhir setelah maiboard dilepas. Silahkan perhatikan mainboard dan cari komponen fuse yang berada di dekat transistor driver ( penguat untuk print head ). Komponen ini diberi lambang F pada maiboard yang artinya fuse atau sekring.
  5. Jika komponennya sudah ditemukan, coba tes dengan menggunakan AVO meter dengan mode ohm.. Biasanya  tinta tidak terdeteksi semuanya ini disebabkan karena komponen fuse tersebut sudah putus.  Jika ternyata fuse tersebut sudah putus, silahkan ganti dengan yang masih bagus..Namun jika komponen penggantinya tidak ada, anda bisa mengakalinya dengan cara jumper menggunakan kabel serabut yang sangat kecil.
  6. Setelah pengganti fuse atau jumper fuse, silahkan rakit kembali printernya dan lakukan pengetesan.. Apakah tinta sudah terdeteksi…?

ket: mengganti fuse dengan kabel serabut akan beresiko merusak maiboard jika terjadi konslet pada bagian modul CSIC atau chip catridge. Oleh karena ini pastikan diameter kabel serabut yang digunakan mempunyai batas arus yang sesuai dengan nilai fuse yang asli

 

 Tinta tidak terdetek karena Kerusakan pada kabel fleksibel

Kabel fleksibel juga bisa menjadi penyebab tinta tidak terdeteksi semuanya.. biasaya kabel fleksibel yang menyebabkan keusakan ini adalah kabel fleksibel yang sudah rusak parah. Berdasarkan pengalaman kerusakan tinta tidak terdeteksi semuanya yang disebabkan kabel ini bisa dikatakan sangat jarang.. Namun jika kerusakannya adalah tinta sering tidak terdeteksi, maka komponen ini sangat patut untuk dicurigai.

BACA JUGA:

Cara Mengatasi Tinta
Sering Tidak Terdeteksi Pada Printer 1390 Read more :
https://www.technodand.com/2017/03/mengatasi-printer-1390-tinta-tidak-terdeteksi.html#

Tinta sering tidak terdeteksi pad aprinter Epson 1390

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi tinta tidak terdeteksi pada printer epson 1390, semoga bisa menjadi referensi anda ketika memperbaiki printer kuhusnya epson 1390. Jika berkenan silahan like fanspage dan share ilmu ini kepada kerabat anda. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *