Scanner LXE MX8 Tidak Bisa Scan Barcode, INILAH Cara Mengatasinya

Posted on

LXE MX8 ini adalah sebuah mobile computer yang dilengkapi dengan scanner. LXE MX8 ini digunakan untuk proses input data secara online, sehingga data yang diterimanya langsung ditransfer ke database pada server layaknya input data pada sebuah web di laptop atau PC.
Itulah sekilas mengenai fungsi dari scanner LXE MX8 ini. Sebenarnya masih banyak fungsi dari scanner LXE MX8 ini, namun karena tugas saya hanya membahas perbaikan, jadi saya hanya mengulasnya sedikit saja.

Scanner LXE MX8 tidak bisa scan dan bagaimana cara memperbaikinya ..?

Kerusakan yang akan kita bahas disini adalah bagaimana cara mengatasi Scanner LXE MX8 yang tidak bisa scan, atau dengan kata lain scannernya tidak berfungsi ketika kita gunakan untuk scan sebuah barcode. Untuk lebih memahami kerusakan ini, berikut ini ada beberapa gejala yang muncul.

  1. Barcode Scanner atau Scanner LXE MX8 tidak bisa scan barcode
  2. Biasanya lampu laser pada bagian scannernya tidak menyala
  3. Tidak terdengar suara beep pada saat scan sebuah barcode

Dari ketiga gejala kerusakan di atas, penyebab kerusakannya bisa karena sofware maupun secara hardware. Untuk kerusakan hardware cara perbaikannya memang sedikit sulit mengingat alat ini termasuk alat yang cukup mahal dan pengunaanya pun tidak bersifat umum layaknya komputer biasa. Sehingga referensi perbaikannya sangat jarang selain itu sparepartnya pun cukup mahal dan susah didapat. Namun walapun bemikian tidak ada salahnya kita mencoba memperbaikinya.

Perbaikan Scanner LXE MX 8 yang tidak bisa scan

 

1. Perbaikan secara software

Perbaikan secara software untuk LXE MX8 ini adalah dengan mengembalikan setingan ke setingan pabrik atau default atau dengan kata lain Reset Software . Langkah untuk mengembalikan setingan ke default untuk scannner ini sangatlah mudah.. Silahkan simak beberapa langkah berikut ini.

  • Dalam keadaan scaner menyala, Silahkan tekan klik STAR => RUN => kemudian tulis CLEARHIVE setelah itu klik OK… Jika ada jendela notifikasi reset ke default, langsung saja pilih ok 

Scanner LXE MX8 error tidak bisa scan barcode
Ketik CLEARHIVE

lampu scanner LXE MX8 tidak menyala
Klik OK

  • Scanner akan restart, silahkan tunggu sampai scanner menampilkan jendela home atau desktop
  • Silahkan lakukan pengecekan dengan cara scan barcode.. Apakah lampu lasernya menyala dan bisa membaca barcode…?
  • Jika scanner masih belum bisa scan,lanjutkan ke proses perbaikan berikutnya.

 

2. Perbaikan secara hardware

  • Reset Scanner. Cara ini pada dasarnya  sama dengan cara reset secara software yaitu mengembalikan setingan ke nilai default. Namun reset secara hardware ini bedanya yaitu melibatkan komponen harware dari scanner LXE MX8 ini. Untuk caranya sangatlah mudah yaitu dengan cara melepas baterai utama kemudian melepas batre backup yang berada di bagian dalam scanner. Sama seperti kita mereset setingan bios komputer dengan cara melepas baterai CMOS nya. Karena baterainya ada di dalam scanner jadi kita harus membongkarnya terlebih dahulu. Untuk cara membongkarnya bisa dilihat pada postingan berikut ini

    – Cara Bongkar Scanner LXE MX8 Mobile Computer

    scanner LXE MX 8  tidak bisa scan
    Lepas kabel baterai yang diberi tanda anak panah
  • Mengganti komponen scanner. Mengganti komponen scanner adalah mengganti bagian laser yang letaknya berada pada sisi atas scanner yang biasa mengeluarkan cahaya laser pada saat digunakan untuk melakukan scan. Penggantian  ini lakukan ketika bagian laser scanner LXE MX8 tidak mengeluarkan cahaya pada saat scan. 
scanner LXE MX 8  tidak bisa scan
Komponen laser pada Scanner LXE MX8
  •  Jika setelah penggantian bagian laser masih tidak bisa scan, berarti ada bagian mainboard.. Jika anda mempunya scanner LXE MX8 lain yang masih bagus, anda bisa mencoba menukarnya untuk memasktikan bahwa bagian mainboard mengalami kerusakan. 

Itulah cara mengatasi scanner LXE MX8 yang tidak bisa scan atau error. Cara ini biasa saya terapkan ketika  memperbaiki scanner yang error seperti tidak bisa scan, lampu laser tidak menyala dan sebagainya.

Penting :

  1. Sebelum anda memutuskan untuk membongkar scanner, pastikan scanner tersebut sudah tidak dalam masa garansi. Jika ternyata scanner masih dalam masa garansi silahkan serahkan ke pihak vendor atau penjualnya. 
  2. Pada saat anda melepas secket kabel baterai backup ( baterai yang di dalam ), pastikan anda melakukannya dengan sangat hati-hati karena kabeltersebut sangat mudah putus.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat anda semua, jangan lupa untuk like, share dan subscribe technodand.com. Terima kasih sudah berkunjung.

2 thoughts on “Scanner LXE MX8 Tidak Bisa Scan Barcode, INILAH Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *