Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n

Posted on

Update Firmware merupakan salah satu proses pembaruan sistem ( firmware)  dalam sebuah perangkat ke versi yang lebih baru. Adapun  yang dimaksud Firmware adalah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Ibarat komputer, firmware itu adalah softwarenya atau OS-nya. Seperti OS Windows, firmware juga selalu mengalami perubahan, baik itu adaptasi dengan fitur-fitur terbaru, atau peningkatan kinerja, atau bahkan perubahan total di sisi tampilan.

Setiap perusahaan produsen suatu produk baik alat elektronik, telekomunikasi atau komputer pasti selalu melakukan pembaruan  firmware dari setiap produknya. Tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan dari versi sebelumnya atau meningkatkan kinerjanya.  Demikian juga dengan salah satu produk printer keluaran  Hp yang satu ini. Mereka selalu melakukan update firmwarenya dan menyarankan untuk melakukan pembaruan ke versi yang terbaru. Berdasarkan pengalaman, memang meskipun kita tidak melakuan update firmware pada printer merek hp ini tidak ada kendala atau hal-hal yang menurut saya mengganggu kinerja pada printer tersebut. Namun ada kalanya kita dipaksa untuk melakukan update firmware pada printer Hp tersebut. Maksud dipaksa di sini adalah keadaan dimana kita tidak mempunyai jalan lain selain harus melakukan pembaruan terhadap sistemnya. Misalkan ketika perangkat ( di sini dalam hal printer ) terjadi kerusakan error yang tidak berasal dari hardwarenya melainkan karena adanya kerusakan sistem pada perangkat tersebut. Dengan demikian salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan perbaikan pada sistem perangkat tersebut dan itu bisa dilakukan dengan cara melakukan pembaruan terhadap sistemnya.

Berikut ini ada beberapa kerusakan error yang pernah terjadi pada salah satu printer keluaran Hp terbaru yaitu printer Laset Jet Pro 402n.

  • Printer dalam keadaan hidup namun tidak bisa melakukan print walapun semua hardwarenya tidak mengalami kerusakan.
  • Printer tidak bisa menyimpan setingan seperti seting ip dan yang lainya. 
  • Keluar hasil print yang berisi tulisan aneh pada saat print.

Itulah beberapa error yang pernah saya temukan dalam jenis printer laser jet Pro 402 ini. Pada awalnya saya pikir itu adalah error sementara namun setelah saya coba restart kemudian merubah
setingan printer menjadi default, namun tetap tidak membuahkan hasil. Karena saya rasa setingan tidak menyelesaikan masalah, setelah itu saya cek hardwarenya namun tidak ada sesuatu yang mencurigakan, sampai akhirnya saya mencoba untuk update firmwarenya ke versi terbaru dan ternyata berhasil. Printer pun kembali normal seperti sedia kala.

Jika printer anda mengalami masalah yang sama, anda bisa mencoba melakukan pembaruan (Update) firmware pada printer tersebut. Untuk langkah-langkah cara update firmware-nya  akan saya jelaskan pada tutorial di bawah ini. Sebenarnya turorial ini tidak hanya untuk jenis printer jenis pro 402 saja, namun untuk printer Hp laser jet yang lain juga sama. Yang membedakan hanyalah file firmware-nya saja.

Baca juga

Cara Update firmware printer Laser Jet Pro 402n

Sebelum ke langkah Update firmware, ada beberapa persyaratan yang perlu dipesiapkan, yaitu sebagai berikut.

  • Sebuah PC atau Laptop
  • Jaringan internet
  • Printer yang akan di Update firmware-nya
  • Kabel data 
  • Siap-siap menaggung resiko kegagalan update karena mungkin saja bisa menyebabkan printer menjadi mati total

Setelah semua persyaratan diatas terpenuhi, langkah pertama adalah melakukan download file firmware dari website resmi Hp. Setelah itu lakukan update firmware menggunakan firmware yang sudah didownload sebelumnya.

Download Firmware

Untuk mendownload file firmware, bukalah website resmi Hp, Kemuadian download firmware sesuai dengan model atau tipe printer yang akan kita update firmware-nya. Karena tutorial di sini saya mengambil contoh tipe printer Hp Laser Jet Pro 402n maka kita bisa langsung menuju halaman download untuk printer tipe tersebut. Silahkan klik hp support

Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n
( pilih jenis printer yang sesuai )

Setelah masuk ke halaman di atas, silahkan pilih tipe printer yang sesuai. Di sini saya memilih printer Hp tipe HP LaserJet Pro M402n. Setelah kita memilih tipe printer yang sesuai, nanti akan masuk halaman berikutnya. Pada halaman ini anda akan diminta memilih sistem operasi yang anda gunakan. Pilihlah Sistem operasi yang sedang anda gunakan.

Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n
( Pilih sistem operasi yang digunakan )

Pada halaman berikutnya, anda akan disuguhkan tiga pilihan menu download yaitu driver, firmware dan sofware pendukung lainya.  Silahkan langsung saja pilih tombol firmware. Setelah itu klik tombol download. Tunggu sampai proses download selesai.

Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n
( Pilih download firmware )

Update Firmware

Setelah proses download selesai, hubungkan printer yang akan kita update firmware-nya ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Pastikan driver sudah terinstal pada komputer tersebut. Jika driver belum terinstal, silahkan instal terlebih dahulu driver-nya. Jika printer sudah terdeteksi, silahkan dobel klik file program yang sudah kita download tadi.

Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n

Jika program updater firmware sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah memilih model printer. Silahkan pilih model atau tipe printer sesuai. “Ingat jangan sampai salah pilih”

Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n
( Pilih tipe printer yang sesuai )

Jika sudah menentukan pilihan pada menu Select Printer to Update, langsung saja klik tombol Send Firmware. Setelah itu akan muncul proses update firmware-nya. Silahkan tunggu prosesnya. Perlu diperhatikan bahwa selama proses update berlangsung, jangan pernah mematikan printer atau komputer karena bisa mengakibatkan printer menjadi mati ( hidup tapi tidak berfungsi )

Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n
( Proses Update Firmware )

Jika proses update firmware sudah seleasi, nanti akan muncul emote senyum pada program updater-nya. Sampai tahap ini update firmware sudah beres, silahkan tutup programnya dengan memilih timbol exit kemudian restart printer-nya.

Update firmware Hp Laser Jet Pro 402n
( Update firmware berhasil )

Jika setelah update firmware terjadi error, misalnya tidak bisa setting ip, silahkan masuk setingan kemudian pilih setingan default. Setelah itu coba seting lagi IP dan yang lainnya.

Itulah langkah-langkah cara melakukan update firmware pada printer laser jet Pro 402n, cara ini juga bisa diterapkan pada printer laser jet hp model lainnya. Cara ini sudah saya praktekan dan 100% sukses tanpa ada kendala. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *