UPS vektor VT1200i Tidak konek listrik PLN ( Bunyi terus )

Posted on

Ups atau Uninterruptible Power Supply adalah perangkat elektronika yang berfungi sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik utama ( PLN ) tidak ada. Jadi ketika listrik PLN mengalir maka UPS akan bypass tegangan listrik tersebut ke alat yang membutuhkan misalnya komputer, kemudian ketika listrik sumber (PLN ) mati maka secara otomatis UPS akan menggantikan listrik dari PLN dengan baterai yang ada pada UPS tersebut. Tentunya meskipun listrik berasal dari baterai namun tegangannya sama dengan listrik dari PLN karena sudah di proses sedemikian rupa oleh rangkaian pada UPS tersebut. Namun walapun demikian, UPS hanyalah sumber listrik cadangan yang sipatnya sementara dan tidak akan mampu memberikan supply tegangan dalam waktu yang lama.

Berdasarkan uraian singkat di atas bahwa listrik PLN akan masuk ke rangakaian UPS kemudian langsung ke rangkaian yang membutuhkan. Kemudian ketika listrik PLN mati maka UPS akan menggantikannya.
Sekarang kita perhatikan judul dari tulisan ini  “UPS vektor VT1200i Tidak konek listrik PLN ( Bunyi terus ) “. Maksud dari judul tersebut adalah bahwa ketika UPS sedang terhubung ke PLN, pada kasus ini UPS tetap melakukan backup listrik atau dengan kata lain bahwa aliran listrik tidak masuk ke rangkaian UPS. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul:

  • UPS bunyi terus meskipun sudah disambungkan ke listrik PLN
  • Tegangan backup UPS normal
  • Tegangan charge tidak hadir
  • FUSE atau sikring normal (tidak putus)

Kerusakan ini sering sekali dialami oleh UPS Vector Vesta VT2100i ini, dan di bawah ini adalah langkah langkah cara memperbaikinya berdasarkan pengalaman technodand.

Baca juga :Cara Ganti Baterai UPS Vektor APC Merlin Gerin 

Karena masalah atau kerusakan yang muncul adalah UPS tidak konek ke listrik PLN, jadi langkah pertama analisa perbaikan adalah mengecek fuse atau sikring UPS tersebut. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya fuse, silahkan gunakan ohm meter.
Jika setelah pengecekan Fuse dalam keadaan putus, berarti dapat disimpulkan bahwa penyebab dari ups tidak konek ke listrik adalah karena fuse tersebut. Oleh karena itu silahkan ganti dengan fuse yang bagus ( ukuran arus harus sama )

Jika ternyata fuse dalam keadaan bagus, berarti kerusakan ada pada rangkaian atau mainboard UPS.  Silahkan bongkar  kemudian lakukan pengukuran tegangan  pada komponen relay tepatnya pada kaki kumparannya yang ditandai anak panah pada gambar di bawah ini. Untuk kasus ini biasanya tegangan pada kaki kumparan relay tersebut adalah 0 volt. Akibatnya UPS tidak bisa switch otomatis meskipun ketika terhubung ke listrik PLN.

Ups atau Uninterruptible Power Supply adalah perangkat elektronika yang berfungi sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik utama ( PLN ) tidak ada. Jadi ketika listrik PLN mengalir maka UPS akan bypass listrik tersebut ke alat yang membutuhkan misalnya komputer, kemudian ketika listrik sumber (PLN ) mati maka secara otomatis UPS akan menggantikan listrik dari PLN dengan baterai yang ada pada UPS tersebut. Tentunya meskipun listrik berasal dari baterai namun tegangannya sama dengan listrik dari PLN karena sudah di proses sedemikian rupa oleh rangkaian pada UPS tersebut. Namun walapun demikian, UPS hanyalah sumber listrik cadangan
UPC Vesta 1200i

UPS vektor VT1200i Tidak konek listrik PLN ( Bunyi terus )
Pengukuran kaki kumparan Relay

Brdasarkan pengalaman, kerusakan ini biasanya disebabkan oleh salah satu komponen yang berada di dekat relay tersebut. Komponen tersebut adalah sebuah kapasitor milar dengan ukuran 2,2nF 400 Volt.

UPS vektor VT1200i Tidak konek listrik PLN ( Bunyi terus )
Komponen yang sering rusak

Jika diukur dengan avo meter analog, komponen tersebut bisanya terlihat seperti bagus. Jadi saran technodand, silahkan ganti dengan komponen yang masih baru.

Setelah penggantian komponen, silahkan hubungkan UPS ke listrik PLN kemudian ukur tegangan pada kaki kumparan relay. Seharusnya pada tahap ini UPS sudah berhasil diperbaiki dan siap untuk digunakan.

Ket: Pada saat melakukan perbaikan UPS ini, lakukan dengan sangat  hati-hati. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakan mengingat tegangan yang beroperasi pada rangkaian adalah tegangan tinggi yang sangat membahayakan jika tersentuh atau terkena bagian tubuh kita.

Mungkin itu saja yang bisa technodand sampaikan pada tulisan ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk para pembaca semua. Jika ada masukan atau pertanyaan silahkan sampaikan melalui kotak komentar yang sudah disediakan.

One thought on “UPS vektor VT1200i Tidak konek listrik PLN ( Bunyi terus )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *